20 October 2019, 15:16 WIB

Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Akan Diumumkan Besok


Desi Angriani | Politik dan Hukum

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Presiden Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo akan mengumumkan anggota kabinet periode kedua pada Senin pagi 21 Oktober. Pengumuman nama menteri  dipercepat lantaran Wakil Presiden Ma'ruf Amin harus menghadiri penobatan Kaisar Jepang Naruhito.

"Besok pagi saya kenalkan karena nanti sore Pak Kiyai Ma'ruf harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan kaisar," kata Jokowi sebelum dilantik di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

Jokowi menegaskan komposisi kabinet jilid II dan nomenklatur sudah rampung. Akan banyak wajah baru yang menghiasi kabinet tersebut. Kendati begitu, beberapa menteri pada periode pertama dipertahankan.

Baca juga: Surya Paloh dan Prabowo Akrab Berbincang Jelang Pelantikan

Soal persentase berapa muka baru dan muka lama, Jokowi belum menghitungnya. Nama-nama pembantunya itu akan diperkenalkan di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta. Lalu, Jokowi-Ma'ruf menggelar acara pelantikan.

"Sudah rampung, selesai. Besok lagi dikenalkan dan dilantik," tegasnya.

Adapun Presiden Jokowi memastikan jumlah anggota kabinet periode kedua akan sama dengan Kabinet Kerja sebelumnya. Kabinet Kerja terdiri dari 4 menteri koordinator dan 30 menteri.(OL-4)

BERITA TERKAIT