20 October 2019, 15:07 WIB

Tour de Singkarak Suguhkan Pemandangan Indah


Yose Hendra | Olahraga

Antara
 Antara
Peserta Tour de Singkarak 2018. Balap sepeda sambil melihat pemandangan indah Sumatra Barat dan Jambi.

TOUR de Singkarak (TdS) tahun 2019 akan digelar pada 2-10 November. Sekitar 24 negara akan ikut dalam Tour de Singkarang, dengan jumlah 20 tim dan sekitar 200 pembalap. Untuk pertama kalinya, jalur atau etape Tour de Singkarak keluar dari Sumbar, yakni ke wilayah Kerinci, Jambi.

Menempuh jarak (total race) kurang lebih 1317,3 km terbagi menjadi 9 stage, melintasi 16 kabupaten dan kota di Sumbar dan Jambi. Pada gelaran Tour de Singkarak 2019 November mendatang, Sungai Penuh, Kerinci, Jambi-Painan, Pesisir Selatan (Pessel)  Stage 9 dan Stage 10 Painan Pessel-Mandeh akan menyajikan tanjakan, tikungan dan penurunan cukup tajam.

Selain tanjakan, tikungan dan penurunan, 200 orang pembalap akan disuguhi sejuknya kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Sungai Penuh- Kerinci Provinsi Jambi, serta indahnya panorama wisata Mandeh, di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Hadi Susilo, mengatakan untuk pelaksanaan stage 9 dan 10 Sungai Penuh-Kerinci - Painan Pessel, dan Painan Pessel-Padang, Pemkab Pesisir Selatan, Dispora Pessel bersama istansi terkait telah turun ke lapangan, guna mengecek persiapan di lapangan.

"Hasil survei di lapangan perlu perbaikan, penambahan sedang dilakukan. Namun secara kesiapan pelaksanaan Stage 9 -10 Tour de Singkarak di dua daerah," kata Hendro, Minggu (20/10).

Dia menambahkan pihaknya akan terus lakukan koordinasi dengan tim dari pusat, serta instansi terkait lainnya yang ada di Kabupaten Pessel.

baca juga: PB Djarum Kembali Cari Bibit Muda Masa Depan di Surabaya

Adapun nama-nama negara diperkirakan akan ikut, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Belanda, Brunei, Yunani,  Australia, New Zealand, Prancis, Irlandia, Iran, Tiongkok, Filipina, Spanyol, Eritria, Jerman, Rusia, Mongolia, Inggris Raya, Moldova, dan Latvia. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT