20 October 2019, 14:53 WIB

Empat Pendaki Selamat dari Kobaran Api Gunung Ranti


Faishol Taselan | Nusantara

Antara
 Antara
Para pendaki Gunung Ijen dan Gunung Ranti harus pulang karena kawasan wisata itu ditutup setelah terjadi kebakaran hutan di Gunung Ranti.

EMPAT orang pendaki terjebak kebakaran hutan di Gunung Ranti, Banyuwangi, selamat setelah 11 jam berada dalam hutan.       Keempat pendaki adalah Lisa, Azza, Haidar, dan Fajar. Mereka di selamatkan tim penyelemat dari Tim SAR Banyuwangi.

"Mereka ditemukan selamat langsug di evakuasi untuk mendapatkan perawatan," kata salah satu tim penyelamat dari Pos SAR Adhiar di Surabaya, Minggu (20/10).

Berdasarkan catatan waktu Kantor SAR Surabaya, informasi tentang empat pendaki yang terjebak di Gunung Ranti yang sedang mengalami kebakaran hutan diterima Sabtu (19/10) malam pukul 21.45 WIB.
      
Tim penyelamat dari Pos SAR Banyuwangi segera diterjunkan ke Search and Rescue Unit (SRU) Pos Paltuding Gunung Ranti. Sekitar pukul 22.00 WIB tim penyelamat memulai pencarian. Para pendaki beruntung, Tim SAR Banyuwangi berhasil menghubungi dan berkomunikasi dengan salah satu dari mereka sehingga titik lokasi keberadaan mereka bisa diketahui.
      
"Mereka menunjukkan lokasi, namun tidak bisa keluar karena terjebak kebaran, sehingga tidam sempat menghentikan pencarian karena cuaca buruk," katanya.
      
Para pendaki sempat menunggu penyelamatan Tim SAR gabungan selama belasan jam. Akses ke lokasi mereka memang cukup sulit. Minggu (20/10) dini hari pukul 02.00 WIB Tim SAR Pos Jember bergabung dalam pencarian. BPBD Banyuwangi, Polsek Licin, Kodim Banyuwangi, BSI Banyuwangi, Serdadu Alam, dan Polisi Hutan pun hadir.
      
Setelah menunggu 11 jam lebih, Minggu pagi sekitar pukul 09.30 WIB, para pendaki akhirnya selamat. Tim SAR gabungan berhasil menemukan mereka dan melakukan evakuasi ke Posko Paltuding.

baca juga: Saat Pelantikan, Polres Banyumas Gelar Patroli Besar
      
"Kami bersyukur karena kami masih bisa berkomunikasi dengan salah satu survivor (penyintas) untuk memantau kondisi dan lokasi mereka. Keempatnya dalam keadaan selamat," katanya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT