20 October 2019, 14:21 WIB

Sniper Bersiaga di Sekitar Komplek Parlemen Senayan


Whisnu Mardiansyah | Politik dan Hukum

Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
 Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Sniper terlihat ditempatkan di atas Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

PENGAMANAN jelang pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diperketat di sekitar Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Pengamanan salah satunya dengan menempatkan sniper di beberapa titik di sekitar kawasan Gedung DPR RI.

Dari pantauan Medcom.id, salah satu sniper ditempatkan di puncak gedung Nusantara III. Lokasi gedung tepat di sebelah kiri Gedung Nusantara tempat pelantikan presiden dan wakil presiden sore ini.

Puncak gedung Nusantara III sendiri berhadapan langsung dengan Jalan Gatot Subroto dan pintu masuk utama Gedung DPR RI. Salah seorang spotter tampak membidik arah pandang dengan menggunakan teropong.

Selain itu, dari pantauan di udara tampak dua helikopter berkeliling di atas Kompleks Parlemen Senayan. Hingga pukul 14.00, Presiden Joko belum tiba di lokasi.

Baca juga: Aparat Gabungan Periksa Kendaraan Masuk Jakarta

Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dihadiri oleh 17 tamu negara. Di antaranya Perdana Menteri Malaysia Mahatir Muhammad, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan dan Wakil Presiden Republik Sosialis Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh.

Turut hadir pula di acara pelantikan mantan kompetitornya Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Pun Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri dan Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Presiden Joko Widodo terpilih untuk kedua kalinya dalam pemilihan presiden 2019. Ia mengalahkan rivalnya yang sama di Pilpres 2014 lalu Prabowo Subianto. Jokowi memenangkan Pilpres 2019 dengan raihan suara 55 persen suara nasional. (Medcom.id/OL-4)

BERITA TERKAIT