20 October 2019, 10:42 WIB

Spiderwoman Indonesia Pecahkan Rekor Dunia


Despian Nurhidayat | Olahraga

Dok INASGOC
 Dok INASGOC
 Aries Susanti Rahayu memecahkan rekor dunia kecepatan dalam partai final  Kejuaraan Dunia IFSC Climbing Worldcup di Xiamen, Tiongkok.

ATLET panjat tebing Indonesia, Aries Susanti Rahayu kembali membuat geger dunia dengan berhasil memecahkan rekor dunia Speed World Record. Ia mencatatkan waktu 6,995 detik di partai final Kejuaraan Dunia IFSC Climbing Worldcup di Xiamen, Tiongkok, Sabtu (19/10).

Perempuan yang dijuluki spiderwoman dari Indonesia ini, memecahkan rekor dunia dengan catatan waktu 6,995 detik di partai final ketika berhadapan dengan Yi Ling Song dari Tiongkok yang hanya mampu menorehkan 9,032 detik. Pencapaian ini disambut sorak sorai penonton, bahkan komentator menyebut Aries sebagai atlet yang luar biasa yang terus melaju mencapai tujuannya.

"Saya bersyukur kepada Allah atas prestasi ini. Saya senang sekali akhirnya bisa pecah rekor. Ini yang saya impikan. Saya persembahkan prestasi ini untuk Indonesia," ungkap Aries dalam keterangan resminya, Minggu (20/10).

Tak hanya itu saja. Dalam akun Instagram pribadinya, Aries berterima kasih kepada Hendra Basir selaku pelatihnya. Dia mengatakan bahwa prestasi yang dicapainya merupakan buah dari kedisiplinan dan keyakinan dari sang pelatih.

"Terima kasih untuk semua doa dan dukungannya. Khusus buat @coach.hendra ini adalah buah dari kedispilinan dan keyakinan yang coach tanamkan. Saya persembahkan rekor dunia ini untuk Indonesia," tulisnya.

Adapun rekor sebelumnya dipegang oleh Yi Ling Song dari Tiongkok dengan catatan waktu 7,101 detik. Kini, Aries bisa melampaui itu. Bahkan menjadi atlet pertama yang bisa menjebol atau melewati angka 7 detik untuk perempuan di speed world record.

baca juga: 8 Atlet Wushu Indonesia Berlaga di Kejuaraan Dunia Shanghai

Catatan watu yang mendekati pemecahan rekor terlihat sejak semifinal baik oleh Aries maupun Song. Di Semifinal, Aries mencatatkan waktu 7,163 detik dan Song 7,169 detik. Mereka memainkan emosi semua penonton karena hanya 1/10 detik jauhnya dari rekor dunia. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT