20 October 2019, 10:02 WIB

Tim SAR Evakuasi Empat Pendaki Terjebak Kebakaran Gunung Ranti


Usman Afandi | Nusantara

Antara
 Antara
Wisatawan dievakuasi menggunakan mobil polisi menyusul kebakaran di Gunung Ranti di Pos Peristirahatan Taman Sari Banyuwangi, Minggu (20/10)

SEBANYAK 4 pendaki yang terjebak di kawasan hutan Gunung Ranti yang bersebelahan dengan wisata Gunung Ijen Banyuwangi, mulai dievakuasi tim gabungan. Koordinator Unit Siaga SAR Banyuwangi, Risky Putra mengatakan kondisi empat pendaki yang terjebak di kawasan hutan Gunung Ranti sudah aman. Tim habungan saat ini sedang melakukan proses evakuasi.

"Semalam empat pendaki posisi aman. Mereka diarahkan untuk menghindari kobaran api, menuju ke arah kiri," kata Risky saat dihubungi, Minggu (20/10).

Selain itu kata Risky, cuaca yang kurang bagus seperti angin yang sangat kencang mengakibatkan proses penyelamatan memakan waktu lama. Tim gabungan sempat kembali ke basecamp karena cuaca tidak mendukung.

"Tim kami pukul 01:07 WIB berkomunikasi degan survivor Lusi  via WhatsApp. Kondisinya aman. Karena cuaca yang kurang bagus, pukul 03:45 WIB, tim SAR gabungan turun kembali ke posko Paltuding dikarenakan terjadi badai," terangnya.

Data dari Basarnas Kabupaten Banyuwangi, empat korban yang akan dievakuasi yakni Lisa Meliana, 19 dari Patrang, Sayyid Haidar, 20 dari Malang, Azza Maylah, 20 dari Tegal, dan Fajar Sulaiman, 19 dari Kaliurang.

baca juga: Waduk Riam Kanan Kalsel Kritis, Dua Unit PLTA Berhenti Operasi

Gunung Ranti terbakar pada Sabtu (19/10). Hingga kini proses evakuasi sedang berlangsung. Tim gabungan seperti, BPBD Banyuwangi, Polsek Licin, Kodim Banyuwangi,  BSI Banyuwangi, sedang melakukan proses evakuasi para pendaki gunung yang terjebak akobat kebakaran Gunung Ranti. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT