20 October 2019, 07:40 WIB

Jakarta Cerah di Hari Pelantikan


Fachri Audhia Hafiez | Megapolitan

MI/Susanto
 MI/Susanto
BMKG  memprediksi cuaca di wilayah DKI Jakarta akan tampak cerah di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf.

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca di wilayah DKI Jakarta akan tampak cerah di hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Minggu, 20 Oktober 2019. Kondisi ini diproyeksikan terjadi sejak pagi hingga malam hari.

Pada pagi hari, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan cerah. Sedangkan Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan tampak cerah disertai awan. Beranjak siang hari, seluruh wilayah ibu kota diramal cerah berawan. Kondisi serupa akan terjadi pada malam hingga dini hari. Suhu udara Jakarta diperkirakan direntang 24 hingga 34 derajat celcius. Sedangkan kelembapan udara berada di kisaran 55 sampai 90 persen.

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dilantik sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung MPR hari ini. Keduanya akan mengucapkan sumpah jabatan untuk Indonesia periode 2019-2024. Pengukuhan Jokowi-Ma'ruf akan dihadiri para tokoh bangsa.

Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan datang. Rival Jokowi-Ma'ruf di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, juga bakal memenuhi undangan.

Sebanyak 17 kepala negara, kepala pemerintahan, dan utusan khusus negara sabahat juga akan hadir. Mereka di antaranya Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Australia Scott Morisson, dan Raja Swaziland Mswati III.

baca juga: Anies Imbau Masyarakat Tak Turun ke Jalan Saat Pelantikan

Selain itu, Menteri Transportasi Amerika Serikat Elaine Chao akan datang ke Jakarta menyaksikan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Sementara itu, PM Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengirimkan utusan khusus. (OL-3)

BERITA TERKAIT