20 October 2019, 05:00 WIB

Bersyukur Jokowi kembali Terpilih


M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

ANTARA/HUMAS KEMENKO POLHUKAM
 ANTARA/HUMAS KEMENKO POLHUKAM
Menko Polhukam Wiranto (tengah) menghadiri acara silaturahim dengan keluarga besar Kemenko Polhukam di Jakarta, kemarin.

MENTERI Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto bersyukur Joko Widodo kembali terpilih menjadi presiden untuk masa jabatan kedua pada 2019-2024.

Hal itu disampaikan Wiranto ketika hadir dalam acara silaturahim dengan pegawai Kementerian Polhukam di Jakarta, kemarin.

Secara khusus Wiranto datang ke acara itu dengan dikawal dua dokter dan kemudian kembali ke Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, untuk menjalani perawatan.

''Yang pasti kita bersyukur bahwa Pak Jokowi dipilih kembali karena selama saya mengawal Pak Presiden, tidak untuk membandingkan, tetapi Pak Jokowi benar-benar mendengarkan suara rakyat, mendengarkan harapan rakyat, keinginan rakyat,'' kata Wiranto.

Menurut dia, Jokowi menjadi presiden yang paling mendengarkan aspirasi rakyat karena intensitas rapat dengan kabinet kerja.

''Buktinya setiap minggu itu ratas (rapat terbatas), itu tidak bisa dihitung. Artinya, beliau sangat responsif terhadap keinginan publik, sangat merespons harapan publik dan langsung diselesaikan dalam suatu keputusan sidang kabinet.''

Oleh karena itu, kata mantan ajudan Presiden Soeharto itu, pemerintah yang baik ialah mendengarkan suara rakyat, tidak mendengarkan suara partai ataupun kelompok tertentu.

''Yang penting ialah pemerintah yang baik, pemerintah yang responsif terhadap keinginan rakyat. Bukankah pemerintah dipilih rakyat, mewakili rakyat, mewakili pihak politik rakyat,'' katanya.

Pada kesempatan itu, Wiranto juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla yang telah mendukung dan mendoakannya saat dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para kiai, ustaz, para alim ulama, para tokoh masyarakat yang telah mendukung dan mendoakannya saat mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Subroto.

Selanjutnya, Wiranto mengucapkan terima kasih kepada seluruh awak medis baik di Menes, RS Pandeglang, dan utamanya RS Gatot Subroto yang telah memberikan perawatan yang maksimal untuk kesembuhannya.

Belum pulih

Wiranto mengaku dirinya belum pulih 100% pascapenusukan di Alun-Alun Menes, Kabupaten Pandeglang, seusai menghadiri sebuah acara di Universitas Mathla'ul Anwar, Kamis (10/10) lalu.

''Anda lihat saja, saya seperti ini sekarang, tentu belum pulih. Cedera berat seperti itu tentu belum bisa pulih 100%, tetapi mudah-mudahan dalam waktu singkat saya bisa beraktivitas seperti biasa. Bisa kembali bertugas seperti biasa,'' kata Wiranto.

Dia juga mengatakan, hingga saat ini masih menjabat sebagai menko polhukam sampai nanti pelantikan yang baru.

''Jadi, saya tentu akan terus tetap melaksanakan tugas sampai kabinet yang baru dilantik,'' katanya.

Wiranto kembali tiba di RSPAD sekitar pukul 15.45 WIB dengan menggunakan mobil yang sama saat ia keluar, yakni Toyota Alphard hitam.

Sekitar pukul 18.10 WIB, Sultan Brunei Darussalam Haji Hassanal Bolkiah mendatangi RSPAD Gatot Subroto Jakarta untuk menjenguk Wiranto.

Namun, selang 10 menit kemudian dia telah keluar melalui pintu Ruang Pemeriksaan Kondisi Kesehatan RSPAD. Tidak ada keterangan pers terkait kedatangan Sultan Brunei ini. Namun, dipastikan kehadiran Sultan Bolkiah di Jakarta untuk menghadiri pelantikan presiden hari ini. (Ant/X-10)

BERITA TERKAIT