19 October 2019, 18:46 WIB

Sultan Brunei akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Amin


Melalusa Susthira K | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Warga melukis mural bergambar Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Ma

SULTAN Brunei Haji Hassanal Bolkiah akan menghadiri upacara pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Sebagaimana yang dimuat oleh media setempat, Borneo Bulletin, Sultan Bolkiah akan mengunjungi Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), tempat dilangsungkannya upacara pelantikan, Minggu (20/10).

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Sujatmiko mengatakan kehadiran Sultan Brunei akan menunjukkan komitmen persahabatan yang tulus untuk terus memperkuat persatuan Indonesia-Brunei sebagai sesama negara anggota ASEAN.

"Kami juga memandang kehadiran Yang Mulia untuk pelantikan Presiden Joko Widodo sebagai bukti kedekatan pribadi dan kehangatan kerjasama antara kedua pemimpin, untuk menginspirasi meningkatnya persahabatan dan kedekatan antara komponen masyarakat kedua negara, termasuk dunia bisnis maupun akademik,” terang Sujatmiko sebagaimana dilansir Borneo Bulletin, Sabtu (19/10).

Sujatmiko juga mengatakan masa jabatan kedua Jokowi akan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan Brunei Darussalam guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, keamanan, dan perdamaian dunia.

"Ini termasuk penyelesaian masalah yang tertunda, seperti perjanjian di sektor tenaga kerja, pengembangan kolaborasi baru, seperti sektor investasi Brunei Darussalam di Indonesia, dan peningkatan volume perdagangan antara kedua negara," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membenarkan bahwa pelantikan Presiden Joko Widodo, untuk masa jabatan 2019-2024 akan dihadiri oleh hampir semua pemimpin negara dari kawasan ASEAN. Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga dikabarkan akan menghadiri acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf. (xinhua/OL-8)

BERITA TERKAIT