19 October 2019, 17:20 WIB

Pertama Kali, Marquez Start Terdepan di Sirkuit Montegi


Despian Nurhidayat | Olahraga

  (Photo by Toshifumi KITAMURA / AFP)
  (Photo by Toshifumi KITAMURA / AFP)
Pembalap Tim Repsol Honda Marc Marquez dari Spanyol (R) kembali ke pit selama sesi latihan bebas MotoGP keempat Grand Prix  

MARC Marquez (Repsol Honda) meraih pole position pertamanya di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, setelah menjadi yang tercepat mengalahkan dua pembalap Yamaha di babak kualifikasi Grand Prix Jepang, Sabtu (19/10).    

Pembalap asal Spanyol itu mencatatkan waktu tercepat satu menit 45,763 detik di trek sepanjang 4,8 km tersebut, demikian laman resmi Moto-GP. Dengan hasil itu, Marquez kini memiliki rekor pole position di setiap sirkuit yang ada di kalender Moto-GP. 

Start dari posisi terdepan, Marquez dikuntit duo pembalap Petronas Yamaha SRH Fabio Morbidelli dan Fabio Quartararo berhasil mengisi posisi dua dan tiga.

Setelah diguyur hujan lebat, trek Motegi mulai mengering namun sebagian besar trek masih basah dan licin bagi pembalap. Walau demikian, Marquez, yang baru saja mengunci gelar juara dunia Moto-GP 2019 di Thailand dua pekan lalu, menunjukkan kelasnya dengan memimpin sesi Q2 dari awal hingga akhir untuk mengunci pole positionnya ke-10 musim ini dan ke-90 sepanjang kariernya.

Hasil ini tentunya akan membuat Marquez semakin merajai Moto-GP setelah dipastikan menjadi juara dunia pada tanggal 6 Oktober lalu. Selain itu, Quantararo yang dalam sembilan balapan terakhir selalu berada di podium kembali berhasil meraih kesuksesan.

Tak tanggung-tangguh bahkan pada FP 1, Quartararo juga berhasil mencatatkan waktu terbaik dan pada saat itu kondisi sirkuit sedang hujan. Sayangnya pada saat kualifikasi, Marquez berhasil menjadi yang pertama.

Quartararo pun mengatakan bahwa jika timnya berada di puncak balapan dan tak ada satu pun yg mengikuti, tentunya dia optimistis akan menjadi juara. Namun, lagi-lagi Marquez selalu menjadi hambatan.

"Jika kami melaju sendirian, kami dapat mengamankan barisan kami dan dengan demikian mengatur waktu putaran yang baik. Itu sebabnya saya selalu berada di baris depan dalam dua balapan terakhir. Saya hanya tidak ingin berkendara di belakang," ungkap Quantararo dilansir dari laman resmi Moto-GP, Sabtu (19/10).

"Tapi tentu saja Marquez punya kecepatan yang berbeda. Anda bisa melihat bahwa dia punya delapan gelar dunia dan pengalamnnya pun sudah tudak perlu diragukan,” lanjut Quartararo

Jelang balapan yang akan diadakan pada Minggu (20/10) siang WIB, bukan hal mustahil bagi Quartararo untuk menyalip Marquez bila hujan turun layaknya FP1 berlangsung. (R-2)  

BERITA TERKAIT