19 October 2019, 15:48 WIB

Qodari Prediksi Pengumuman Kabinet 23 Oktober


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

MI
 MI
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari

DIREKTUR Eksekutif Indo Barometer M Qodari memprediksi pengumuman kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dilaksanakan tiga hari pascapelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019.

"Jangan pernah mengharapkan kabinet akan diumumkan segera setelah pelantikan Presiden. Presiden dilantik jam 14.00 WIB, selesai jam 16.00 WIB. Kalau mau mengumumkan kabinet sudah terlalu sore," katanya dalam diskusi yang bertajuk teka-teki menteri dan koalisi di D'Consulate, Jakarta, Sabtu (19/10).

Ia berpendapat pengumuman kabinet tidak mungkin dilakukan pada malam hari. Dan berkaca pada pengumuman kabinet kerja di periode pertama, jelasnya, Jokowi melakukannya pada siang hari.

Baca juga: Golkar Harap Jokowi Tetap Pakai Airlangga dan Agus Gumiwang

Selain itu, pada 22 Oktober 2019 juga akan digelar pelantikan Kaisar Jepang Naruhito yang akan dihadiri oleh Presiden atau Wakil Presiden nantinya. "Saya taruhan, (pengumuman kabinet) Rabu (23/10)," tegasnya.

Saat ditanyakan apakah diulurnya pengumuman kabinet tersebut karena nama-nama yang disusun masih belum jelas, Qodari menyampaikan itu sangat relatif. "Clear bisa berarti nama-nama sudah ada, tapi bisa berubah sampai detik terakhir. Jangankan menteri, calon wapres saja bisa berubah," tandasnya. (X-15)
 

BERITA TERKAIT