19 October 2019, 15:41 WIB

Ini Nama Menteri di Kabinet Jokowi Jilid II versi Pengamat


Nur Aivanni | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan beserta menteri di Jakarta, Jumat (18/10/19). 

DIREKTUR Eksekutif Indo Barometer M Qodari memprediksi ada sejumlah nama menteri yang akan tetap bertahan di periode kedua pemerintahan Joko Widodo. Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Juga, sambungnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. "Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi," tambahnya dalam diskusi yang bertajuk teka-teki menteri dan koalisi di D'Consulate, Jakarta, Sabtu (19/10).

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari. (MI/Susanto)

 

Sementara itu, nama-nama kandidat yang akan masuk dari PDIP adalah Ryamizard Ryacudu dan Budi Gunawan. Selain itu, ada Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang dari Golkar, Hanif Dhakiri dari PKB, Viktor Laiskodat dari NasDem, dan Suharso Monoarfa dari PPP. Dari Gerindra ada Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo. "Demokrat saya belum berani menyimpulkan," ucapnya.

Baca juga: PDIP Akui Ajukan Nama Kandidat Menteri Terbanyak

Pengamat Politik Hendri Satrio menambahkan, Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti kemungkinan juga masih bertahan.

Sementara, jatah kursi kabinet untuk parpol, dikatakannya, PDIP akan mendapat porsi yang lebih banyak. Jika PDIP mendapatkan delapan kursi, terang Hendri, sisanya kemudian akan dibagikan kepada Golkar (3 kursi), NasDem (3 kursi), dan PKB (2 kursi). Untuk PPP, ia masih belum bisa memastikan apakah akan dapat porsi atau tidak. (X-15)
 

BERITA TERKAIT