19 October 2019, 16:45 WIB

Tiket MotoGP 2021 di Mandalika Sudah Bisa Dipesan


Amaluddin | Olahraga

ANTARA/Ahmad Subaidi
 ANTARA/Ahmad Subaidi
Foto udara bentuk salah satu tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit 

PEMBANGUNAN proyek sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus dikebut. Sirkuit yang ditargetkan rampung dan bisa digunakan pada 2021 ini, progresnya hingga Oktober ini mencapai sekitar 30-40%.

"Pengerjaannya terus dikebut. Apalagi Presiden Jokowi dijadwalkan melaksanakan ground breaking sirkuit Moto GP ini pada akhir Oktober ini," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy saat menerima kunjungan Biro Humas Pemprov Jatim, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, lanjut Najamuddin, progres pengerjaan sirkuit terus dikebut, mulai dari pemerataan lahan, termasuk pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana pendukung Moto GP. Di antaranya persiapan lokasi rumah sakit internasional untuk back-up, kemudian jalan by pass juga mulai dilakukan pembebasan lahan.

"Alhamdulillah persiapan infrastruktur sirkuit ini telah berjalan lancar. Baik pembangunan jalan, sarana kesehatan, maupun pembebasan lahan untuk mensupport MotoGP 2021 ini," ujarnya.

Baca juga: Motegi Diguyur Hujan, Petruci Tercepat di FP3 GP Jepang

Meski progres pengerjaan sirkuit masih belum 50%, tiket MotoGP 2021 itu dipastikan sudah bisa dipesan melalui online.

"Kami sudah melakukan presale untuk tiketnya, tapi secara online," kata Najamuddin.

Sejauh ini, Pemprov NTB belum menentukan besaran harga tiket tersebut. Karena, menurut Najamuddin, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang ditunjuk menjual tiket balapan motor premium itu.

"Kami belum diberi tahu nominalnya. Mungkin pada November 2019 akan diketahui harganya," katanya.

Sirkuit Mandalika mulai dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit untuk MotoGP 2021 itu memiliki panjang 4,32 kilometer, yang terdiri 18 tikungan, serta memiliki satu lintasan lurus, yang akan menjadi garis start dan finish.

Nantinya, Sirkuit Mandalika akan dibangun sarana penunjang area paddock, yakni 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton. (OL-2)

BERITA TERKAIT