19 October 2019, 16:00 WIB

Akbar Tanjung Minta Jokowi-Amin Tingkatkan Mutu SDM


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

ANTARA/Feny Selly
 ANTARA/Feny Selly
Akbar Tanjung

POLITIKUS senior Partai Golkar, Akbar Tanjung mengingatkan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin setelah dilantik untuk segera menangani mutu sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, hal itu sangat berkaitan erat dengan kesejahteraan dan daya saing bangsa.

"Saya mengingatkan kembali kepada pemerintah, khususnya Presiden dan Wakil Presiden yang segera dilantik, untuk meningkatkan mutu SDM supaya bangsa kita bisa lebih maju dan berdaya saing tinggi di tengah-tengah kompetisi global," katanya pada diskusi Forum Pejuang NKRI bertajuk Membangun SDM Indonesia Unggul Menuju Negara Maju, di Jakarta, Sabtu (19/10).

Menurut dia, pembangunan kualitas masyarakat merupakan modal besar dan berdampak langsung terhadap seluruh sendi kehidupan berbangsa. Kesejahteraan dapat lebih cepat terwujud ketika memiliki banyak SDM yang menguasai kemajuan teknologi.

Baca juga: Tidak Ada Istilah Obesitas dalam Membangun Bangsa

Program menyangkut peningkatan mutu SDM, kata dia, pada era pemerintahan pertama Jokowi perlu dilanjutkan dan diperkuat.

Kemudian langkah tersebut harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat supaya dampaknya lebih besar terhadap kualitas masyarakat Indonesia.

"Saya meyakini bangsa ini pertumbuhan ekonominya bisa lebih dari 5% seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentu syaratnya banyak terkhusus memiliki SDM yang mumpuni untuk mengoptimalkan sumber daya alam dan perkembangan teknologi. Seban SDM merupakan kunci kesejahteraan dan kemajuan bangsa sehingga harus jadi prioritas pembangunan," pungkasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT