19 October 2019, 12:30 WIB

Mahathir akan Hadir di Pelantikan Jokowi


Willy Haryono | Politik dan Hukum

AFP/Vladimir SMIRNOV/TASS Host Photo Agency
 AFP/Vladimir SMIRNOV/TASS Host Photo Agency
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad

PERDANA Menteri Malaysia Mahathir Mohamad berencana melakukan kunjungan kerja ke Jakarta pada Minggu (20/10) dalam rangka menghadiri upacara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri Malaysia yang diterima, Sabtu (19/10), PM Mahathir akan didampingi sang istri Siti Hasmah Mohd Ali, dan Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah beserta sejumlah petinggi dari kantor PM dan Kemenlu Malaysia.

"Kunjungan ini menyimbolkan hubungan bilateral hangat dan dekat antara Malaysia dan Republik Indonesia yang juga akan berkontribusi untuk memperkuat ikatan persahabatan kedua negara," sebut Kemenlu Malaysia.

Delegasi sejumlah negara sahabat juga telah memastikan kehadiran mereka dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf di Jakarta, Minggu (20/10).

Baca juga: Wamenlu Jepang akan Hadir di Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr mengatakan delegasi dari AS akan datang ke Indonesia untuk menghadiri pelantikan presiden.

Sebanyak 18 unit mobil Mercedes-Benz disiapkan Istana Kepresidenan untuk para tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti. Mobil itu disewa dengan biaya sekitar Rp1 miliar.

Mobil yang sudah berjajar di halaman Istana Negara, Jakarta, sudah diberi pelat nomor tertulis nama-nama negara.

Mercedes Benz S450 disiapkan untuk tamu sekelas kepala negara dan kepala pemerintahan. Sementara, tamu negara setingkat utusan negara menggunakan Mercedes Benz E300.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan salah satu pertimbangan dipilihnya mobil Mercedes Benz yakni alasan kenyamanan. Heru menambahkan Istana Kepresidenan ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi para tamu negara. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT