19 October 2019, 01:40 WIB

Langkah Minions Mulus ke Semifinal


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

ANTARA
 ANTARA
Pasangan bulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

HANYA dalam waktu 25 menit, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil mengalahkan pasangan ganda putra Tiongkok Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong dalam babak ketiga Denmark Terbuka 2019, kemarin. Marcus/Kevin yang berstatus unggulan pertama, menang 21-16 dan 21-14 dari lawan mereka yang jadi unggulan keenam.

Hasil dari pertandingan itu membuat Marcus/Kevin kini unggul 3-2 dalam rekor pertemuan dengan Kai/Dong. Marcus/Kevin dua kali kalah ketika berjumpa Kai/Dong pada tahun lalu di Tiongkok Terbuka dan Prancis Terbuka.

Langkah 'Minions', julukan Marcus/Kevin, diprediksi tak akan menemui ganjalan dan bisa mudah masuk partai puncak jika melihat siapa yang akan mereka hadapi di semifinal hari ini. Siapa yang harus dikalahkan Marcus/Kevin di babak empat besar ialah pemenang dari laga antara ganda putra Tiongkok Li Jun Hui/Liu Yu Chen dan ganda putra Taiwan Lu Ching Yao/Yang Po Han. Hingga berita ini diturunkan, kedua pasangan itu masih menunggu giliran bermain.

Dengan dua pasangan itu, Marcus/Kevin unggul di atas kertas. Jika harus melawan Hui/Chen, itu akan jadi pertemuan yang ke-13 bagi Marcus/Kevin. Hui/Chen bukan lah lawan yang berat bagi Marcus/Kevin karena dari 12 pertemuan sebelumnya, Hui/Chen pernah menang dua kali saja.

Seandainya berjumpa dengan Yao/Han, tercatat hanya satu kali Marcus/Kevin pernah melawan mereka, yakni pada tahun lalu di Malaysia Terbuka. Kala itu Marcus/Kevin menang mudah karena hanya melalui dua gim.

Meski demikian, Marcus/Kevin menyatakan bakal tetap waspada dengan siapa pun yang akan mereka temui. "Semua lawan di sini bagus dan susah juga dilawan, kami harus benar-benar hati-hati dan selalu melakukan yang terbaik," ujar Marcus.

Peluang untuk bisa mencapai babak final juga dimiliki Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Akan tetapi, giliran mereka untuk bermain demi memastikan mendapat tiket masuk semifinal juga belum tiba.

Selain dari ganda putra, masih ada lagi wakil Indonesia lainnya yang juga masih menunggu waktu tampil. Mereka ialah Tommy Sugiarto di nomor tunggal putra dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang turun di nomor ganda campuran.

 

Diguyur bonus

Sejumlah atlet bulu tangkis Indonesia yang berprestasi di turnamen Kejuaraan Dunia Junior (WJC) 2019 di Kazan, Rusia beberapa waktu lalu mendapat guyuran bonus. Pemberian penghargaan dilangsungkan di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, kemarin.

Bonus diberikan kepada tim beregu campuran yang berasal dari Djarum Foundation senilai Rp300 juta. Skuad Merah Putih juga mendapatkan bonus sebesar Rp200 juta dari Li-Ning yang menjadi sponsor utama tim Indonesia. Li-Ning juga memberikan bonus sebesar Rp75 juta kepada tim beregu Indonesia atas prestasinya menjadi runner-up di Kejuaraan Junior Asia 2019 kemarin.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan bonus tersebut merupakan wujud apresiasi dan ucapan terima kasih atas dedikasi para pebulu tangkis muda yang berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah bulu tangkis dunia.

Selain kepada tim beregu U-19 Indonesia, PB Djarum turut mengucurkan bonus kepada para atlet yang juga mencatatkan prestasi di kategori individu di WJC. (BadmintonIndonesia/TS/R-3)

BERITA TERKAIT