19 October 2019, 02:40 WIB

Nanvie Kowaas Meneruskan Jejak si Atlet Bernyali Besar


MI | Humaniora

MI/Sumaryanto Bronto
 MI/Sumaryanto Bronto
Nanvie Kowaas

DIKENAL memiliki nyali besar, Franky Kowaas, altet olahraga ekstrem nasional ini terus melalukan kegiatan yang memicu adrenalin. Banyak olahraga yang dilakukannya, seperti arung jeram, kayak, terjun payung, mendaki gunung, hingga paralayang menjadi salah satu hobinya dalam dunia olahraga ekstrem. Ya, dia selalu menantang dirinya untuk melakukan hal-hal yang berbahaya.

Sayangnya, Tuhan berkehendak lain. Kini Franky kowaas telah meninggal dunia bersama dengan beberapa atlet paralayang lainnya, pada saat kejadian gempa bumi di Palu, September 2018. Hotel yang ia tempati ambruk akibat gempa besar itu. Keluarga, kerabat, dan atlet indonesia pun berduka.

Kejadian yang merenggut nyawanya bukan dari olahraga ektsremnya itu membuat istrinya, Nanvie, terkejut bahkan tidak mudah bagi keluarga menerima kehilangan Frangkly. "Pribadinya kocak, lucu suka bikin orang tertawa. ia juga sangat menyayangi anak-anak," kata Nanvie.

Namun, Nanvie beserta ketiga anaknya tidak membiarkan kesedihan merasuk dalam dirinya. Ia bertekad meneruskan jejak Frangkly, ketiga anaknya tumbuh menjadi atlet paralayang di usia belia, sedangkan Nanvie menjadi pelatih dan meneruskan usaha keluarga paralayang dan arung jeram di Sulawesi Utara. Mereka berharap apa yang dilakukannya dapat memberikan edukasi dan meningkatkan minat masyarakat serta pengunjung terhadap olahraga yang disukai Frangki Kowass semasa hidupnya. (Wan/M-4)

BERITA TERKAIT