18 October 2019, 17:57 WIB

Jelang 20 Oktober, Warga Bikin Mural Presiden dari Masa ke Masa


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Warga Kampung Bocah Prigel, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, menggambar mural presiden Indonesia dari masa ke masa, Jumat (18/10).

KAMPUNG Bocah Prigel di Gremet, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, memikiki cara unik menyambut pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden pada 20 Oktober.

Mereka beramai ramai menghias tembok kampung sepanjang hampir 200 meter dengan gambar presiden RI dari masa ke masa.

Sejak Jumat (18/10), tembok kampung yang lokasinya hanya sekitar 2 km dari kediaman pribadi Presiden Jokowi di Kampung Sumber, sudah dihiasi dengan gambar atau wajah presiden RI dari yang pertama hingga ke tujuh.

Ketika Media Indonesia masuk ke Kampung Bocah Prigel, jemari seniman Sinde sedang menggoreskan warna di sebuah tembok kampung. Jadilah gambar dengan wajah Jokowi bersama Ma'ruf Amin.

Pada saat sama, tetangganya, Teguh Prasojo juga tampak sibuk menyelesaikan sebuah gambar di sebelahnya. Lalu coraknya semakin jelas menunjukkan wajah presiden sebelumnya.

Di tembok sebelahnya, tergambar wajah Presiden Indonesia sejak Soekarno hingga Presiden Jokowi. Tembok berukuran 4 meter x 4 meter menjadi sasaran kampung berjuluk Kampung Bocah Prigel tersebut.

"Ini cara kami merayakan puncak pesta demokrasi Indonesia melalui pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia," tutur Ketua Kampung Bocah Prigel Teguh Prasojo di sela sela kesibukan membuat mural bersama teman temannya, Jumat  (18/10).

Kampung yang warganya banyak seniman lukis ini sudah beberapa tahun belakangan memenuhi tembok-tembok kampung dengan berbagai gambar edukasi. Sebelum menggambar sosok Joko Widodo dan Maruf Amin, sebuah lambang Garuda Pancasila dengan teks Proklamasi.

Baca juga: Viktor Laiskodat Beri Sinyal Masuk Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Yang jelas mural berbagai wajah tokoh bangsa ini kedua tokoh sebagai ungkapan turut bersuka cita atas terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden yang baru. "Kami menaruh harapan besar pada Joko Widodo dan Maruf Amin yang sudah memenangkan kontestasi politik.Kami harap kepemimpinannya akan membuat Indonesia semakin maju," tukas Teguh. (X-15)

 

 

BERITA TERKAIT