18 October 2019, 17:45 WIB

Pemkab Merangin Bantu Orang Rimba Terdampak Rawan Pangan


Solmi | Nusantara

 Dok. humas Merangin
  Dok. humas Merangin
Orang Rimba Lantak Seribu Merangin dapat bantuan:

KONDISI rawan pangan akibat kian sulitnya menemukan binatang buruan dan buah buahan hutan yang dialami puluhan kepala keluarga Orang Rimba atau Suku Anak Dalam (SAD) yang bermukim di daerah Kebun Duren, Desa Lantak Seribu, Kecamatan Renah Pemenang, Kabupaten Merangin, Jambi, teratasi.

Pemerintah Kabupaten Merangin, Jumat (18/10), menurunkan tim terpadu ke permukiman Orang Rimba di pinggiran Desa Lantak Seribu membawa bantuan bahan makanan ringan dan beras yang cukup untuk kebutuhan 23 KK (75 orang) Orang Rimba yang tinggal berkelompok di sana.

"Berdasarkan laporan dari tim yang saya turunkan ke sana beberapa hari lalu, saudara kita dari Suku Anak Dalam di Lantak Seribu mengalami rawan pangan. Hari ini kita turunkan lagi tim membawa bahan makanan termasuk memberikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, dan pakaian layak pakai," kata Bupati Merangin Al Haris, Jumat (18/10).


Baca juga: Kemarau Bawa Berkah bagi Petani Garam Bambu Grobogan


Tim terpadu yang diturunkan dipimpin Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merangin, Selamet.

Menurut Selamet, selain memberikan makanan cepat saji seperti mi instan, roti, dan air mineral, tim juga memberikan bantuan beras sebanyak 1,4 ton yang diperkirakan cukup untuk kebutuhan Orang Rimba selama dua bulan.

"Beras yang kita berikan itu, cukup untuk persediaan pangan selama dua bulan," ujar Selamet. (OL-1)

BERITA TERKAIT