18 October 2019, 11:30 WIB

Menteri Jokowi Bisa Jadi Teladan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

ANTARA/Wahyu Putro A
 ANTARA/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo memberikan arahan ketika memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat

SEKJEN DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan sosok menteri yang berada di dalam tubuh kabinet periode kedua Joko Widodo harus memiliki sikap negarawan, teknokrat, profesional, dan bisa menjadi teladan.

Guna mendapatkan menteri dengan bauran sempurna itu, ada lima pintu rekrutmen yang bisa dibuka Presiden Jokowi, yakni dari partai politik, profesional, pemimpin daerah, aparatur sipil negara, dan tokoh masyarakat.

"Tantangan yang akan dihadapi di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin tidaklah ringan. Ada tanggung jawab besar yang diemban. Untuk itu dibutuhkan para menteri yang memiliki paket lengkap," ujar Hasto melalui keterangan resmi, Jumat (18/10).

Baca juga: Tokoh Bangsa Hadiri Pelantikan Presiden-Wapres

Ke depannya, pemerintah tidak hanya harus mengangkat kesejahteraan masyrakat namun juga harus meredam perlawanan terhadap ideologi dan keamanan negara.

"Penusukan Pak Wiranto adalah contoh beratnya tantangan menghadapi radikalisme. Hal tersebut harus disikapi dengan tegas, berani dan menyeluruh," tuturnya.

Memilih menteri yang tepat, lanjutnya, adalah sebuah investasi bagi kemajuan bangsa di masa depan untuk seluruh aspek kehidupan. (OL-2)

BERITA TERKAIT