18 October 2019, 10:09 WIB

Eropa Dukung Kesepakatan Brexit


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Kenzo TRIBOUILLARD
 AFP/Kenzo TRIBOUILLARD
PM Inggris Boris Johnson

PEMIMPIN Uni Eropa (UE) mempromosikan kesepakatan Brexit dengan Inggris, Kamis (17/10), namun Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menghadapi perlawanan keras dari parlemen.

"Tampaknya kami sudah dekat dengan penyelesaian," ujar Presiden Komisi UE Donald Tusk kepada reporter setelah 27 pemimpin Eropa menyetujui kesepakatan.

Namun, meski ada optimisme dari pihak Johnson, partai oposisi Inggris dan sejumlah sekutunya di DPR Inggris memperingatkan bahwa mereka tidak akan memberikan dukungan seandainya kesepakatan itu harus diputuskan melalui voting pada Sabtu (19/10).

Baca juga: Jerman Desak Turki Hentikan Serangan di Suriah

Jika kesepakatan itu ditolak, Johnson memiliki kewajiban untuk meminta pemimpin UE memiliki kesepakatan untuk menunda Brexit untuk ketiga kalinya, melanggar janjinya untuk memimpin Inggris meninggalkan Eropa pada 31 Oktober.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker memperingatkan bahwa penolakan seperti itu akan mempersulit situasi sementara Tusk mengatakan jika itu terjadi, dirinya akan berkomsultasi dengan negara anggota UE mengenai bagaimana menanggapinya.

Johnson bersikeras dirinya sangat optimistis anggota DPR Inggris akan mendukung kesepakatan itu. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT