17 October 2019, 21:45 WIB

Hadapi Ketidakpastian Global, Sektor Industri Perlu Diperkuat


Faustinus Nua | Ekonomi

MI.Putri Anisa Yuliani
 MI.Putri Anisa Yuliani
Pakar ekonomi Indonesia Emil Salim

KONDISI ketidakpastian global yang dihadapi Indonesia akibar perang dagang Amerika Serikat-Tiongkok perlu diantisipasidengan memperkuat perekonomian Indonesia, khusunya di sektor industri lewat peningkatan produksi dalam negeri.

"Indonesia dalam situasi seperti ini (perang dagang) harus menguatkan perekonomian dalam negeri. Potensi dalam negeri masih cukup besar karena penduduk kita merupakan pasar yang besar tadi," kata pakar ekonomi Emil Salim  di sela-sela acara Dialog 100 Ekonom Bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jakarta, Kamis (17/10).

Dia menjelaskan, melalui program pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) bisa mendukung sektor-sektor ekonomi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan ekonomi nasional.

Begitu pula dengan peningkatan pangan dapat memenuhi kebutuhan pangan. Sementara terkait barang-barang impor, Indonesia perlu mendorong industri dalam negeri untuk menemukan barang substitusi.

Baca juga : Pembangunan Infrastruktur Belum Pacu Pertumbuhan Ekonomi

"Itu menjadi jalan keluar memanfaatkan pasar Indonesia yang besar ini dengan demikian kita bisa hindari trade war. Sehingga situasi ekonomi global yang tak menggembirakan kita cari pasar di domestik," tuturnya.

Dalam 5 tahun ke depan, apabila pemerintah mampu memanfaatkan pasar domestik maka ia yakin situasi global tidak terlalu berdampak pada ekonomi nasional.

Emil juga berharap agar pemerintah mampu memperbaiki kelemahan-kelemahan ekonomi Indonesia seperti tekstil sehingga tidak terlalu bergantung pada impor.

"Intinya adalah kita gerakan produksi-produksi dalam negeri tadi agar lebih beraneka ragam," katanya. (OL-7)

BERITA TERKAIT