17 October 2019, 21:20 WIB

Obati Kekecewan Fans, Timnas U-19 Bekuk Tiongkok


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

ANTARA
 ANTARA
Timnas U-19 kalahkan Tiongkok 3-1

TIM Nasional U-19 sukses membekuk Tiongkok pada laga uji coba internasional di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/10) malam.

Tim asuhan Fakhri Husaini itu menang dengan skor 3-1. Hasil ini cukup mengobati kekecawaan pascakekalahan timnas senior melawan Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2020 di Bali, Selasa (15/10) lalu.

Gol pembuka Timnas U-19 dicetak oleh Bagus Kahfi menit ke-13 setelah mengecoh barisan pertahanan Tiongkok dan melepeskan tendangan mendatar yang gagal ditepis kiper Tiongkok.

Fajar Fathurrahman kemudian menggandakan keunggulan Garuda Nusantara pada menit ke-25 setelah menyontek umpan Bagus Kahfi.

Bagus Kahfi bermain apik pada babak pertama dengan kembali memberikan assist untuk gol yang dicetak Alfeandra Dewangga Santosa. Tandukannya bersarang di pojok kanan gawang kiper Tiongkok. Skor 3-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, David Maulana dan kawan-kawan menurunkan tempo permainan. Unggul 3-0 membuat pemain Timnas U-19 bermain nyaman dan lebih banyak memainkan bola di daerah sendiri, sambil mengintip peluang mengirimkan umpan terobosan ke Bagus Kahfi dan Supriadi.


Baca juga: Bagus Kahfi Cemerlang, Timnas U-19 Unggul 3-0 di Babak Pertama


Banyak menguasai permainan, timnas U-19 kecolongan melalui serangan balik Tiongkok. Pada menit ke-63, Alfeandra Dewangga menekel pemain Tiongkok di dalam kotak penalti dan wasit menunjuk titik putih.

Tao Qianglong sukses menjadi algojo tendangan 12 pas setelah mengecoh kiper Ernando. Skor 3-1 untuk kemenangan Garuda Nusantara bertahan hingga akhir.

Selanjutnya, David Maulana dan kawan-kawan akan menjalani pertandingan kedua di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, hari Minggu (20/10) pukul 15.00.

Uji coba ini sebagai persiapan bagi tim asuhan Fakhri Husaini jelang mengarungi Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Jakarta. Indonesia tergabung di Grup K bersama dengan Korea Utara, Hongkong dan Timor Leste.

Laga pertama, Indonesia akan bertanding melawan Timor Leste, 6 November 2019. Berikutnya, berhadapan dengan Hongkong pada 8 November 2019. Terakhir, melawam Korea Utara pada 10 November 2019. (OL-1)

BERITA TERKAIT