17 October 2019, 19:34 WIB

Bambang Brodjonegoro Minta Lima Anggota BPK Jaga Integritas


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

ANTARA/Rivan Awal Lingga
 ANTARA/Rivan Awal Lingga
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

MENTERI Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Bambang Brodjonegoro meminta kepada lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang baru saja dilantik untuk menjaga integritas.

"Yang penting jaga integritas, itu juga ada di sumpah jabatan, yang paling penting menjalankan tugas utamanya," ujar Bambang saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (17/10).

Bambang berpendapat, kinerja BPK selama ini terbilang telah mengarah ke arah yang tepat. Hal itu dilihat melalui perbaikan dalam mengaudit keuangan dan memberikan bimbingan saat mengaudit.

"(Tapi) Ini harus lebih masif. Karena kalau kita lihat di level pemda itu masih banyak yang ketinggalan. Jadi bimbingannya harus lebih kenceng," ujar mantan menteri keuangan itu.

Ia tak ambil pusing soal latarbelakang kelima anggota BPK baru itu. Sebab apapun latarbelakangnya, imbuh Bambang, yang utama ialah soal integritas dan mampu memainkan fungsi serta perannya dengan benar.

"Saya tidak melihat asal muasal pimpinan BPK, tapi yang paling penting para anggota BPK itu bisa menjalankan fungsi keuangan dengan lebih baik," tukasnya.

Sebelumnya, lima anggota BPK RI periode 2019-2024 mengucapkan sumpah jabatan di Gedung Mahkamah Agung. Pengambilan sumpah tersebut dipandu oleh Ketua MA Hatta Ali.

Kelima anggota terpilih BPK itu ialah Achsanul Qosasi, Daniel Lumban Tobing, Harry Azhar Azis, Hendra Susanto dan Pius Lustrilanang. Prosesi acara pengambilan sumpah merujuk Pasal 16 ayat (1) UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK. (OL-09)

BERITA TERKAIT