17 October 2019, 18:40 WIB

Ganjar Minta Pembentangan Bendera Mirip HTI di SMKN Sragen Diusut


Akhmad Safuan | Nusantara

MI/Haryanto
 MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengusutan terhadap sejumlah siswa san guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sragen yang membentangkan bendera identik dengan bendera Hizbut Tahir Indonesia (HTI) dan bendera Palestina dalam sebuah kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) di srkolah tersrbut.

"Saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah telah diturunkan ke SMKN 2 Sragen untuk mendalami kasus itu," kata Ganjar kepada Media Indonesia, Kamis (17/10).

Baca juga: 11 Seismograf akan Dipasang Pascagempa di Maluku

Kasus pembentangan bendera identik dengan HTI di sekolah itu, kata Ganjar, masih dalam penyelidikan, apakah terkait dengan radikalisme atau unsur lain, sehingga belum dapat dipastikan tujuan dalam pembentangan bersama bendera negara Palestina oleh siswa dan guru di dalam kegiatan ekskul itu.

Jika ditemukan unsur radikalisme, dia memastikan tidak segan menindak sesuai ketentuan yang berlaku.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Jumeri membenarkan adanya pembentangan bendera identik dengan bendera HTI dan bendera Palestina di sekolah tersebut, sehingga untuk memastikan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan baik kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua siswa.

"Kami sudah di SMKN 2 Sragen untuk mengklarifikasi sejumlah pihak, namun belum dapat menyimpulkan hasilnya karena masih pemeriksaan," kata Jumeri. (X-15)
 

BERITA TERKAIT