17 October 2019, 16:45 WIB

Dishub DKI Tegaskan Zhong Tong Sudah Kantongi Izin


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Dok. MI
 Dok. MI
Bus Zhong Tong

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan bus Zhong Tong asal Tiongkok sudah kantongi izin operasi sehingga bisa beroperasi di jalur Trans-Jakarta.

Syafrin mengungkapkan butuh proses panjang bagi armada untuk bisa beroperasi yakni di antaranya mengikuti uji teknis sesuai dengan Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Artinya bahwa kendaraan tersebut pertama sudah mendapatkan uji tipe, uji tipe ini tentu dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Nah, artinya sudah memenuhi persyaratan dari aspek teknis. Kemudian tentu setelah itu ada surat tanda nomor kendaraannya, administrasinya dipenuhi," ungkapnya ketika dihubungi, Kamis (17/10).

Syafrin pun menegaskan masyarakat tidak perlu khawatir akan spesifikasi dan ketahanan mesin bus. Izin operasi yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan menjadi jaminan bus itu layak operasi.

Dishub DKI akan tegas memberikan sanksi jika operator tidak bisa memenuhi SPM.

"Jika nanti ada kejadian sehingga dia tidak bisa memenuhi SPM, mereka yang artinya begitu ada kendala, misalnya dia ada kendala teknis tidak bisa operasional. Otomatis dia tidak mendapatkan pembayaran karena busnya tidak operasi," tandasnya.

Baca juga: Anies tidak Khawatir Bus Zhong Tong Beroperasi Lagi

Pemilihan merk bus yang hendak digunakan oleh operator sepenuhnya berada di tangan operator. Syafrin menambahkan Trans-Jakarta maupun Dishub DKI tidak bisa melarang operator menggunakan merek tertentu selama secara teknis dan administrasi memenuhi syarat.

Sebelumnya, salah satu operator bus Trans-Jakarta, Perum Pengangkutan Djakarta (PPD) mengoperasikan bus Zhong Tong hasil pengadaan tahun 2014. Bus itu sempat tertahan lama di pool karena Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menolak pengoperasian bus tersebut karena mencurigai spesifikasinya yang tidak memenuhi standar.(OL-5)

BERITA TERKAIT