17 October 2019, 16:25 WIB

Januari 2020, YIA akan Layani Seluruh Penerbangan Domestik


Andhika Prasetyo | Ekonomi

ANTARA
 ANTARA
Bandara Yogyakarta International Airport 

YOGYAKARTA International Airport (YIA) akan melayani seluruh penerbangan domestik dengan pesawat jet per Januari 2020.

Tiga bulan setelahnya, penerbangan internasional secara menyeluruh akan menyusul untuk lepas landas dan mendarat di bandara yang terletak di Kulonprogo tersebut.

General Manager Airnav Indonesia Cabang Yogyakarta Ratna Mustikaningsih mengungkapkan pengalihan pergerakan dari Bandara Adisutjipto ke YIA akan membuat pengawasan dan pengaturan ruang udara di Yogyakarta semakin efektif dan efisien.

Selama ini, pesawat-pesawat yang hendak mendarat di Bandara Adisutjipto kerap mengalami penundaan pendaratan. Mereka harus berputar-putar di udara karena padatnya pergerakan di bawah.

Di samping melayani penerbangan sipil, Adisutjipto memang memiliki peran lain yakni sebagai basis angkatan udara.

"Kami mencatat setidaknya ada 300 pergerakan pesawat per hari di Adisutjipto," ujar Ratna di kantornya, Yogyakarta, Kamis (17/10).

Baca juga: Kolaborasi dengan TP4P Percepat Pembangunan Bandara Yogyakarta

Dari total pergerakan itu, sebanyak 80 di antaranya adalah pesawat-pesawat militer, baik yang melakukan pelatihan maupun joy flight.

Nantinya, setelah seluruh penerbangan komersil domestik dan internasional dengan pesawat jet dialihkan ke Kulonprogo, Adisutjipto hanya akan melayani pesawat militer dan propeller.

"Memang seharusnya penerbangan militer itu memiliki ruang udara khusus karena banyak sekali pergerakan. Jadi seharusnya penerbangan sipil dan militer itu dipisahkan," tandas Ratna.(OL-5)

BERITA TERKAIT