17 October 2019, 12:15 WIB

Obama Nyatakan Dukungan untuk Trudeau


Antara | Internasional

AFP/Chris Roussakis
 AFP/Chris Roussakis
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kiri) bersama mantan Presiden AS Barack Obama

MANTAN Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Rabu (16/10), menyampaikan dukungannya buat Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang menghadapi persaingan ketat untuk terpilih kembali pada pemilu pekan depan.

"Saya bangga bekerja dengan Justin Trudeau sebagai Presiden," cicit Obama. "Ia pekerja keras sekaligus pemimpin tangguh yang mengemban isu besar seperti perubahan iklim. Dunia membutuhkan kepemimpinan progresifnya saat ini, dan saya harap tetangga kami di utara mendukungnya untuk masa jabatan kedua."    

Dua pemimpin progresif itu mengukir persahabatan erat, yang tetap menjadi topik populer di media sosial sejak Obama, seorang Demokrat, meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2017.

Keduanya terlihat makan malam bersama di sebuah restoran di Ottawa awal tahun ini.    

"Terima kasih kawanku," balas Trudeau di Twitter. "Kami sedang berupaya keras menjaga progres kami."   

Baca juga: Trump kepada Erdogan: Jangan Bodoh!

Trudeau merupakan perdana menteri Kanada pertama yang mendapatkan kehormatan makan malam dari AS dalam hampir dua dekade.

Saat itu Obama mengundang Trudeau beserta istri untuk datang ke Washington pada Maret 2016, setelah Trudeau memenangkan kekuasaan pada Oktober lalu.   

Trudeau menjalin hubungan yang berliku dengan penerus Obama dari Partai Republik, Donald Trump.    

Itu bukan pertama kalinya Obama menyampaikan dukungan buat pemimpin asing. Ia juga pernah menyuarakan dukungannya kepada Emmanuel Macron menjelang pemilihan presiden Prancis 2017.    

Kedutaan Besar AS di Ottawa menolak mengomentari hal itu dengan berdalih Obama adalah seorang warga negara biasa. (OL-2)

BERITA TERKAIT