16 October 2019, 19:33 WIB

Facebook Dukung Komunitas Sosial & Ekonomi Melalui Ekosistem Hub


Faustinus Nua | Ekonomi

MI/Fetry
 MI/Fetry
Facebook cafe

KEPALA Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hatari mengungkapkan saat ini perkembangan komunitas online di Indonesia sangat banyak. Untuk mendukung komunitas-komunitas tersebut makin dekat dalam berinteraksi, Facebook mengembangkan program Ekosistem Hub.

"Program Ekosistem Hub dari Facebook merupakan fasilitas offline yang kami bangun untuk komunitas sosial dan industri teknologi di Indonesia," kata Ruben dalam konferensi pers Facebook Indonesia Summit 2019 di Jakarta, Rabu (16/10).

Menurutnya, program tersebut memberi dukungan kepada komunitas untuk terus bertumbuh dan berkembang baik secara online maupun offline. Program tersebut dibagi dalam dua bagian yakni Ruang Komunal Indonesia (RuKI) untuk komunitas sosial dan Lab Inovation Indonesia (LInov) untuk komunitas ekonomi atau industri teknologi.

"Kami ingin menciptakan tempat bagi beragam komunitas sosial untuk saling belajar dan bagi para penggerak komunitas untuk saling berbagi cerita," tambahnya.

Baca juga: Facebook Hentikan Fitur Tag Suggestion Otomatis

Sementara melalui LInov, Facebook telah membangun infrastruktur untuk mendukung perkembangan komunitas ICT melalui inovasi dan edukasi. Dengan LInov juga, komunitas tersebut mendapat berbagai pelatihan, panduan dan bimbingan terkait penggunaan teknologi.

"Kami juga merancang program-program untuk menciptakan talenta digital untuk mendukung Indonesia 4.0 dan kami berkomitmen memberi pelatihan 4.000 talenta digital," ungkapnya.

Melalui program tersebut pihaknya juga membantu pencari karir menemukan pekerjaan di industri teknologi dan berinovasi dalam menciptakan solusi menggunakan teknologi.(OL-5)

BERITA TERKAIT