16 October 2019, 19:13 WIB

Rektorat UIN Riau Minta Klarifikasi Pengunduran Diri Abdul Somad


Rudy Kurniawansyah | Nusantara

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Abdul Somad 

REKTORAT Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau memproses permintaan pengunduran diri Abdul Somad sebagai aparatur sipil negara (ASN) sekaligus dosen di kampus perguruan tinggi negeri terbesar di Riau tersebut.

Dalam prosesnya, Rektor UIN Sultan Syarif Kasim telah mengirimkan surat panggilan klarifikasi bernomor 3491/Un.04/R/KP.01.2/10/2019 per tanggal 16 Oktober 2019 kepada Somad sebagai tanggapan surat bermeterai Rp6.000 yang dilayangkan Somad kepada UIN terkait permohonan pengunduran diri dari kampus yang membesarkan namanya pada 24 Juli 2019.

Baca juga: Penuhi Panggilan MUI, Ustaz Abdul Somad Beri Klarifikasi

Surat panggilan klarifikasi meminta Somad untuk hadir di ruang rektor sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (23/10). "Benar (mengundurkan diri) dan kami di rektorat sedang memproses permintaan itu," jelas Plt Wakil Rektor II yang juga Kepala Biro Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Suska Riau Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Rabu (16/10).

Ahmad Supardi yang juga mantan Kakanwil Kementerian Agama Riau menjelaskan permintaan Somad untuk mengundurkan diri dari kampus lantaran kesibukannya berdakwah. Somad juga diketahui sedang mengambil cuti selama tiga tahun untuk menyelesaikan studi S3 di Ondurman Islamic University (OIU) Sudan.

"Tidak ada masalah politik. Alasan beliau sibuk berdakwah," jelasnya.

Somad memulai karir di almamaternya UIN Suska Riau sejak 2008 dengan mengajar ilmu hadis di Fakultas Ushuluddin. Sebelumnya, mubalig kelahiran Asahan, Sumatra Utara diketahui pada 1996 memulai kuliah di kampus yang dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim Riau hingga akhirnya mendapatkan beasiswa penyelesaian S1 di Universitas Al-Azhar Mesir pada 2002. Tak berselang lama, Somad kembali melanjutkan pendidikan S2 di Darul Hadist, Maroko. (X-15)
 

BERITA TERKAIT