16 October 2019, 19:13 WIB

Spanyol, Tim Keenam Lolos ke Piala Eropa 2020


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP/Miguel RIOPA
 AFP/Miguel RIOPA
Penyerang Spanyol Rodrigo

SPANYOL menjadi tim keenam yang meraih tiket lolos putaran final Piala Eropa 2020 setelah melalui pertandingan penuh drama melawan Swedia, Rabu (16/10) dini hari WIB. Sebelumnya Belgia, Italia, Rusia, Polandia dan Ukraina telah memastikan diri lolos ke kejuaraan elit "Benua Biru".

Berlangsung di Friends Arena, Stockholm, tuan rumah Swedia mampu unggul lebih dulu pada menit ke-50 melalui gol Marcus Berg. Spanyol terus mencari cara untuk membobol gawang Robert Olsen. Satu gol cukup mengantarkan mereka ke Piala Eropa 2020.

Di ujung pertandingan, pada tambahan waktu babak kedua, Rodrigo menyamakan kedudukan sekaligus menjadi pahlawan Spanyol untuk meraih tiket lolos ke Piala Eropa 2020.

Arsitek Spanyol Roberto Moreno girang atas pencapaian anak asuhnnya itu.

"Lolos ke Piala Eropa adalah hasil yang harus diperoleh tim seperti Spanyol. Hasil ini juga melepas tekanan dan kami akan bekerja lebih keras ke depan," kata pelatih berusia 42 tahun itu.

Baca juga: Antar Spanyol ke Piala Eropa 2020, Moreno Bungkam Kritik

Kepastian lolos Tim Matador setelah unggul lima poin dari Swedia dan enam poin dari Rumania. Dengan dua pertandingan tersisa, poin Spanyol tidak bisa dilangkahi Rumania. Satu tiket lainnya akan diperebutkan oleh Swedia dan Romania.

Lolosnya La Furia Roja, julukan Spanyol, harus dibayar mahal dengan cederanya kiper David De Gea. Kiper Manchester United itu ditarik keluar pada pertengahan babak kedua karena menderita cedera paha.

Ini menjadi kerugian bagi Red Devils, julukan Manchester United, karena kemungkinan besar De Gea tidak tampil pada big match melawan Liverpool di Old Trafford, akhir pekan ini.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT