16 October 2019, 15:03 WIB

Partai NasDem Sikka Ajukan Program Restorasi Mangrove


Alexander P Taum | Nusantara

MI/Alexander  P Taum
 MI/Alexander P Taum
Ketua Fraksi NasDem, Alexander Agato Hasulie  menawarkan program restorasi mangrove untuk masyarakat pesisir di Kabupaten Sikka, NTT

FRAKSI Partai Nasdem di DPRD Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur menegaskan komitmennya mengawal kebijakan pemerintah guna menjaga kelestarian lingkungan. Pengalaman terjangan tsunami yang melanda wilayah tersebut pada 1992, serta abrasi yang terus menerus menggerus bibir pantai di wilayah Sikka, mendorong Fraksi Nasdem mengawal komitmen memperkuat kawasan pesisir Kabupaten yang berjuluk Nian Tanah Sikka.

Fraksi Partai Nasdem di Sikka menamakan program penyelamatan lingkungan yang sedang dikawal di DPRD setempat dengan nama restorasi mangrove.

Ketua Fraksi NasDem, Alexander Agato Hasulie kepada Media Indonesia, Rabu (16/10), mengatakan pihaknya berkomitem mengawal program mitigasi bencana guna menghindari terjangangan abrasi dan tsunami yang mengancam keselamatan manusia seperti pada 1992.

"Kalau kawan-kawan di daerah lain di Indonesia memiliki program restorasi di sektor kehidupan lain, kami di Sikka memiliki Restorasi Mangrove. Program ini kami tawarkan kepada pemerintah  untuk kenyamanan masyarakat di pinggir pantai. Saat ini abrasi pantai terjadi di mana-mana.

Akibat arus dan gelombang laut menghantam langsung ke daratan tanpa difilter oleh tanaman mangrove. Ini sangat berbahaya. Maka penting kita mendorong langkah cepat pengamanan garis pantai kita, melalui berbagai program pemerintah," ujar Alexander Aguto Huseli.

Selain program restorasi Mitigasi Bencana, NasDem juga mengusulkan agar bantuan benih bagi para petani di Sikka guna memacu produktivitas petani.

baca juga: Kemendikbud Mulai Mendata Komunitas Adat

"Sebagian besar masyarakat Sikka adalah petani, karena itu Fraksi meminta Pemerintah untuk mendukung berbagai benih yang dibutuhkan sesuai  dengan topografi masing-masing wilayah," bebernya.

Nasdem juga mendorong peningkatan infrastruktur ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Sikka. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT