16 October 2019, 13:15 WIB

Hormat Bendera Cerminan Keimanan Muslim Indonesia


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

Mi/Ardi Teristi Hardi
 Mi/Ardi Teristi Hardi
Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Yudian Wahyudi menjelaskan menghormati bendera adalah bagian dari keimanan.

REKTOR Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, Prof Yudian Wahyudi mengatakan, salah satu problem yang dihadapi bangsa ini adalah masih banyak muslim yang tidak mau hormat bendera.

"Hormat bendera cerminan keimanan muslim Indonesia, dalam kehidupan bernegara" kata dia saat menyampaikan pidato pembukaan Lomba Tata Cara Upacara Bendera Siswa MA/SMA/SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 di UIN Sunan Kalijaga, Rabu (16/10).

Ia mengatakan hal itu karena hormat bendera adalah salah satu cara untuk mewujudkan persatuan. Padahal, persatuan adalah perintah Al Quran.

"Hormat bendera pun tidak perlu dipermasalahkan karena bukan ibadah mahdhoh. Hormat bendera adalah salah satu cara agar persatuan terwujud. Persatuan sangat penting bagi kita karena tanpa persatuan, bangsa ini dijajah ratusan tahun," ujarnya.

baca juga: Bakar Lahan, Petani Tewas Terpanggang di Musi Banyuasin

UIN Sunan Kalijaga akan rutin mengadakan Lomba Tata Cara Upacara Bendera Siswa MA/SMA/SMK Tingkat Nasional Tahun 2019 untuk membiasakan diri hormat bendera. Kegiatan ini sekaligus para siswa dan mahasiswa tidak terpapar paham radikalisme dan terorisme. (OL-3)

BERITA TERKAIT