16 October 2019, 13:11 WIB

Bakar Lahan, Petani Tewas Terpanggang di Musi Banyuasin


Dwi Apriani | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi 

SENJATA makan tuan. Perumpamaan itu terjadi pada seorang petani di Desa Talang Selarai, Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Musi Banyuasin. Sutarjo, 60 tewas terbakar saat ia membakar lahan kebunnya, Selasa (16/10). Saat membakar lahan Sutarjo tidak menyadari bahwa dia sudah dikepung api. Saat dikonfirmasi, Kapolres Musi Banyuasin, AKBP Surya Yudhi Markus Pinem mengatakan, korban ditemukan warga dalam kondisi terpanggang.

"Korban meninggal dunia saat membuka lahan dengan membakar. Diduga korban terjebak api dan kehabisan oksigen," kata Kapolres Musi Banyuasin, Yudhi, Rabu (16/10)

Korban ditemukan pertama kali oleh warga sekitar. Saat itu diketahui korban sedang terjebak di lahan terbakar miliknya sendiri pukul 12.45 WIB.

"Lokasi yang terbakar lahan milik sendiri. Saksi Musa dan Andre melihat korban sudah terkepung api. Setelah dipadamkan baru tahu korban sudah hangus terbakar. Saat di periksa di tubuh korban tidak ada bekas luka benda tajam maupun benda tumpul. Hanya luka melepuh di tubuh korban dan kehitaman hangus akibat terbakar. Luka bakarnya mencapai 70%," terang Surya Adhi.

baca juga: Hujan Perdana di Tasikmalaya Disambut Gembira

Untuk mengetahui kejadian secara langsung, Kapolsek Sekayu, Iptu Heri Supriyanto sudah datang ke lokasi. Ia mengimbau agar keluarga korban agar melakukan otopsi. Namun keluarga korban tidak berkenan dilakukan otopsi terhadap tubuh korban.

"Analisa sementara, korban sengaja membakar lahannya sendiri untuk dipergunakan buka area perkebunan," tandasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT