16 October 2019, 16:00 WIB

Antar Spanyol ke Piala Eropa 2020, Moreno Bungkam Kritik


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP/Jonathan NACKSTRAND
 AFP/Jonathan NACKSTRAND
Pelatih Spanyol Robert Moreno

ARSITEK Spanyol Robert Moreno mengaku kesuksesan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 merupakan jawaban untuk para pengkritik dan pihak yang meragukan kapasitasnya menukangi La Furia Roja.

Ia mengatakan, sejak didaulat menjadi pengganti Luis Enrique yang mengundurkan diri, banyak yang mempertanyakan kemampuannya membawa tim sekaliber Spanyol kembali berjaya.

Pasalnya, sepanjang kariernya, pelatih berusia 42 tahun itu tidak pernah menjabat sebagai pelatih kepala klub atau tim nasional.

Selain itu, Moreno juga tidak punya latar belakang sebagai pemain profesional.

Sejak terjun ke dunia sepak bola pada 2011, Moreno tercatat sebagai asisten Luis Enrique di level klub, seperti AS Roma, Celta Vigo, Barcelona, hingga timnas Spanyol.

Baca juga: Gol Telat Rodrigo Antar Spanyol ke Piala Eropa 2020

"Sedih mengetahui ada orang yang tidak ingin kamu bekerja dengan baik. Senang rasanya mampu menambahkan catatan bagus bagi tim dan membalikkan sejumlah kritik," kata Moreno.

Atas pencapaian itu, Moreno mendedikasikannya kepada Luis Enrique dan federasi sepak bola Spanyol yang telah memberikan kepercayaan menukangi tim Matador, julukan Spanyol.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Luis Enrique dan keluarganya, begitu juga dengan Rubiales dan Molina yang berani menunjuk saya dan beruntung kami tidak mengecewakan mereka," kata Moreno.

Spanyol baru saja memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa setelah bermain imbang melawan Swedia, Rabu (16/10) dini hari WIB.

Kepastian tiket final itu harus dilalui dengan cara dramatis. Tertinggal 1-0 pada menit ke-50 melalui gol Marcus Berg, La Furia Roja, julukan Spanyol harus menunggu hingga masa injury time babak kedua untuk mencetak gol penyeimbang melalui Rodrigo.

Hasil imbang itu cukup membawa David De Gea dan kolega memastikan satu tempat di Piala Eropa 2020. (marca/OL-2)

BERITA TERKAIT