16 October 2019, 12:33 WIB

Federasi Sepak Bola Eropa Siap Beri Sanksi ke Timnas Bulgaria


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

 AFP/Nikolay Doychinov
  AFP/Nikolay Doychinov
Penyerang timnas Inggris Raheem Sterling (tengah) beradu mulut dengan pemain Bulgaria Wanderson saat laga kualifikasi Piala Eropa 2020.

TIM nasional Bulgaria telah didakwa Federasi sepak bola Eropa atau UEFA akibat ulah rasisme yang dilakukan suporter Bulgaria kepada pemain Inggris serta melemparkan benda ke lapangan saat laga kualfikasi Grup A PIala Eropa 2020.

Hal buruk itu terjadi ketika timnas Inggris bertemu Bulgaria di Stadion Vasi Levski, Selasa (15/10). Laga itu dimenangkan oleh tim yang dijuluki the Three Lions dengan skor telak 6-0.

Para pemain Inggris menjadi sasaran pelecehan rasis keji saat laga kualifikasi Grup A Piala Eropa 2020 di Kota Sofia, Bulgaria. UEFA pun telah mengambil tindakan tegas atas hal tersebut.

Kasus tersebut akan ditangani Badan Pengatura, Etika, dan Disiplin UEFA. Namun tanggal pertemuan UEFA belum dapat dikonfirmasi.

Tak hanya tim tuan rumah, Inggris juga didakwa dengan dua pelanggaran. Tim 'Tiga Singa' itu menghadapi tuduhan akibat mengubah lagu kebangsaan tim tuan rumah.

Bulgaria berpotensi akan tanpa penonton di dua laga berikutnya, dan didenda penutupan 70 ribu euro. Sementara Inggris kemungkinan akan diberi peringatan atau denda kecil.

Pada hari ini atau Rabu (16/10), Kepala Asosiasi Sepak Bola Bulgaria, Borislav Mikhailov secara dramatis menyatakan pungunduran diri setelah malam yang memalukan terkait aksi rasis suporter tim Bulgaria. (AFP/The Sun/OL-09)

BERITA TERKAIT