16 October 2019, 07:32 WIB

Para Peserta Pelatihan Produce X 101 Buka Suara


Siswantini Suryandari | Hiburan

Soompi
 Soompi
Peserta Produce X 101 mulai membuka suara adanya kecurangan dalam acara pencarian bakat idol K-Pop

AKHIRNYA satu per satu orang yang terlibat dalam acara pencarian bakat idola K-Pop Produce X 101 mulai membuka suara di balik tudingan adanya rekayasa dalam pemilihan para idol.

Seperti dilaporkan MBC dalam tayangan berjudul PD Notebook, para peserta pelatihan Produce X 101 mengatakan bahwa semua orang sudah mengatur siapa yang menjadi pemenang, siapa yang menjadi center (posisi di tengah pada kelompok boyband atau girlband), lagu apa yang akan dibawakan, termasuk tariannya. Acara yang ditayangkan di TV ini menampilkan para peserta pelatihan dan tim produksi dengan wajah dan suara disamarkan. Nama mereka juga tidak disebutkan.  

Dalam pencarian bakat idol K-Pop, dari 100 peserta akan diseleksi hanya 11 orang yang nantinya membentuk boyband baru yang dikontrak selama dua tahun. Para peserta datang dari berbagai agensi hiburan awalnya tidak tahu menahu apabila semua sudah direkayasa. Para peserta yang masuk seleksi dibagi menjadi beberapa kelompok, dengan kategori A, B, C, D dan E. Umumnya kelompok A adalah grup dengan anggota paling tinggi nominasinya berdasarkan pemilihan pemirsa.  

"Kami menjalani pelatihan seperti biasanya. Kami pun dilarang membawa ponsel kecuali saat latihan. Awalnya seperti itu, tapi kemudian ada yang berbeda setelahnya. Misalnya pemilihan penyanyi center (tengah), sesuai konsepnya dipilih oleh para peserta di kelompook masing-masing. Tapi di tengah perjalanan produser mengubahnya. Penyanyi tengah dipilih oleh pemirsa," kata seorang peserta pelatihan dari grup C seperti dikutip Soompi.

Peserta pelatihan yang tiba-tiba dipilih menjadi penyanyi center memgaku kaget dan tidak tahu menahu mengapa mereka terpilih. Kejanggalan lain adalah, para peserta sudah tahu bahwa nantinya mereka akan membawakan lagu X1-MA yang menjadi lagu andalan. Termasuk tarian yang akan dibawakan.

"Kami sudah tahu sebelum pelatih tari dan pelatih vokal memberitahu. Jadi sudah ada indikasi bahwa semua sudah diatur," ujar peserta pelatihan lainnya.

Para peserta pun mengaku telah mendapat tekanan dari para agensi yang menaunginya agar bisa lolos.

"Kami sudah berlatih dengan sangat keras. Tapi kemudian semua sudah diatur di antara mereka (produser dan agensi). Ini memang tidak adil," ujarnya.

Cerita lain diungkapkan peserta pelatihan yang mengamati ada seorang peserta selalu muncul di acara preview dari awal episode sampai akhir episode. Menurut peserta tersebut, itu sudah menjadi kode keras ada upaya sosok itu harus menjadi pemenang.

Salah satu anggota tim produksi mengungkapkan ada dugaan terjadi manipulasi.

"Produser utama Ahn Joon Young sejak terjadi perubahan-perubahan peraturan secara mendadak, opininya tidak lagi kritis. Ini benar Ahn Joon Young menjadi tidak berdaya dan memilih pasrah. Saya benar-benar tidak suka dengan ekspresinya. Dia benar-benar tidak bisa mengatasi semua persoalan di acara Produce X 101," ungkap anggota tim produksi tersebut.

baca juga: Retno Marsudi Pecinta Aksesori

Munculnya skandal ini membuat tekanan baru bagi X1, boyband jebolan Produce X 101 yang baru saja merilis album baru dan berencana tur keliling sejumlah negara. (OL-3)

BERITA TERKAIT