16 October 2019, 07:31 WIB

Gol Telat Rodrigo Antar Spanyol ke Piala Eropa 2020


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/Anders WIKLUND/TT News Agency
 AFP/Anders WIKLUND/TT News Agency
Rodrigo (tengah) melakukan selebrasi usai menjebol gawang Swedia.

SPANYOL memastikan diri melaju ke Piala Eropa 2020 saat babak kualifikasi menyisakan dua lagi setelah pemain pengganti Rodrigo Moreno mencetak gol di masa injury time untuk memastikan hasl imbang 1-1 melawan Swedia, Rabu (16/10) dini hari WIB.

Jawara Piala Eropa 2008 dan 2012 itu hanya membutuhkan hasil imbang di Stockholm untuk meraih tiket ke babak final. Rodrigo memastikan hal itu setelah Marcus Berg membawa Swedia unggul di babak pertama.

Gol Rodrigo di menit 92 memancing selebrasi di bangku cadangan timnas Spanyol.

Gol itu memastikan akhir dramatis dari kampanye mulus tim besutan Robert Moreno yang menggantikan Luis Enrique, Juni lalu.

Baca juga: Tekuk Irlandia, Swiss Buka Peluang Lolos ke Piala Eropa

"Lolos ke Piala Eropa adalah keharusan bagi tim seperti Spanyol. Hal itu melepaskan tekanan dan memberi kami kesempatan mempersiapkan diri lebih matang," ujar Moreno.

Setelah bermain imbang di dua laga terakhir mereka, Spanyol memuncaki Grup F dengan raihan 20 poin, unggul lima poin dari Swedia dan enam poin dari Romania yang membuang peluang naik ke peringkat dua setelah ditahan imbang 1-1 oleh Norwegia di Bukarest.

Dalam laga melawan Swedia ini, penjaga gawang Spanyol David De Gea harus ditarik keluar karena cedera. Hal itu menjadi pukulan bagi klub De Gea, Manchester United, yang akan menjamu pemuncak klasemen Liverpool pada akhir pekan.

De Gea mengalami cedera otot pada kaki kanannya. Posisinya digantikan oleh penjaga gawang Chelsea Kepa Arrizabalaga. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT