16 October 2019, 07:03 WIB

Tekuk Irlandia, Swiss Buka Peluang Lolos ke Piala Eropa


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/FABRICE COFFRINI
 AFP/FABRICE COFFRINI
Para pemain Swiss merayakan gol kedua mereka ke gawang Irlandia.

GOL Haris Seferovic dan gol bunuh diri Shane Duffy membuat peluang Swiss untuk lolos otomatis ke Piala Eropa 2020 tetap terbuka berkat kemenangan 2-0 atas Irlandia, Rabu (16/10) dini hari WIB.

Meski tim besutan Vladimir Petkovic itu telah dipastikan mendapatkan tempat di babak playoff lewat Liga Negara UEFA, kemenangan atas Irlandia itu membuat Swiss hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Grup D Irlandia dan Denmark saat kompetisi menyisakan dua laga lagi.

Swiss juga unggul head to head dengan Irlandia setelah kedua tim bermain imbang 1-1, September lalu.

Nasib Irlandia akan ditentukan di laga terakhir mereka melawan Denmark. Irlandia harus menang jika ingin lolos ke Piala Eropa.

"Mereka tampil dominan di babak pertama namun penampilan kami di babak kedua membanggakan," ujar pelatih Irlandia Mick McCarthy.

Baca juga: Ukraina bukan lagi Tim Kelas Dua

"Laga melawan Denmark bak final. Menang maka lolos ke Piala Eropa," imbuhnya.

Kapten Irlandia Duffy dan bek kanan Seamos Coleman dipastikan absen dalam laga melawan Denmark di Dublin setelah masing-masing mendapat kartu kuning dan kartu merah.

Swiss unggul cepat setelah Seferovic mencetak gol pertamanya untuk timnas sejak November saat laga berlangsung 15 menit.

Swiss berpeluang menggandakan kemenangan mereka pada menit 77 namun eksekusi penalti pemain belakang Ricardo Rodriguez sukses ditahan penjaga gawang Darren Randolph.

Bek kanan Everton mendapat kartu merah karena melakukan handball yang berujung pada penalti Rodriguez itu.

Gol kedua Swiss terjadi di masa injury time setelah tendangan Edimilson Fernandes membentur Duffy dan berakhir di gawang Irlandia. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT