16 October 2019, 08:15 WIB

Buntut Insiden Rasis, Kepala Asosiasi Sepak Bola Bulgaria Mundur


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

AFP/NIKOLAY DOYCHINOV
 AFP/NIKOLAY DOYCHINOV
Aksi para pendukung Bulgaria dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Inggris

KEPALA Asosiasi Sepak Bola Bulgaria (BFU) Borislav Mihaylov, Selasa (15/10), mengundurkan diri setelah aksi rasisme mencoreng laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Inggris di Sofia.

Inggris meraih kemenangan telak 6-0 atas tim tuan rumah, Senin (14/10), namun laga itu diwarnai yel-yel tidak pantas yang memaksa laga dihentikan dua kali di babak pertama.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengecam aksi rasisme yang disebutnya menjijikan itu dan meminta UEFA bertindak tegas.

Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borisov kemudian meminta Kepala BFU untuk mengundurkan diri.

Baca juga: Aksi Rasisme Pendukung Bulgaria Buat Mings Kecewa

"Saya mendesak Borislav Mihaylov untuk segera mengundurkan diri," ujar Borisov lewat Facebook sembari menambahkan tidak bisa diterima bahwa Bulgaria kini dikaikan dengan rasisme dan xenofobia.

Beberapa jam kemudian, BFU mengatakan Mihaylov telah menyerahkan surat pengunduran dirinya dan menyerahkan wewnang kepada anggota komite eksekutif.

Pengunduran diri Mihaylov terjadi beberapa jam sebelum kantor BFU dirazia jaksa dan polisi. Namun, tidak dikethaui apakah razia itu terkait dengan pengunduran diri Mihaylov atau insiden rasisme dalam laga melawan Inggris. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT