16 October 2019, 01:20 WIB

Retno Marsudi Pecinta Aksesori


MI | Hiburan

MI/Adam Dwi
 MI/Adam Dwi
Menteri Luar Negeri  Retno Marsudi

AKSESSORI menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penampilan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, 56. Pita, obi, bros, syal, dan kalung menjadi pelengkap busana yang memberi Retno ciri khas tersendiri.

Kecintaan perempuan asal Semarang, Jawa Tengah, itu pada aksesori dilatarbelakangi koleksi bajunya yang sebagian besar berwarna gelap, seperti biru tua atau hitam.

Menurut Retno yang pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda ini, warna gelap merupakan warna busana paling aman dikenakan dalam melaksanakan tugasnya sebagai diplomat. Retno mengungkapkan, ia harus melakukan banyak pertemuan dan menghadiri acara resmi, apalagi dengan posisinya sebagai menteri.

"Baju saya hampir semua hitam, karena itu harus ada statement yang membuat hitam menjadi tidak dark and plain. Itulah fungsi aksesori bagi saya," ungkap Retno di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (14/10).

Menlu perempuan pertama Indonesia itu menuturkan ia gemar mengoleksi aksesori yang berbentuk unik dan terutama asli Indonesia. "Salah satu koleksi saya ialah aksesoris mutiara dari Lombok," imbuhnya. (Ant/H-3)

BERITA TERKAIT