15 October 2019, 19:50 WIB

Polresta Surakarta Antisipasi Serangan Bom Kelompok Abu Zee


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai 

POLRESTA Surakarta, Jawa Tengah, memperketat keamananan sejumlah objek vital yang berada di Kota Solo menyusul terkuaknya rencana serangan bom bunuh diri di Yogyakarta dan Kota Solo oleh kelompok teroris Abu Zee.

Namun begitu, Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai mengaku tidak bisa memprediksi atau mengetahui di mana saja target teroris ini di Solo.

"Yang jelas kita membuat antisipasi antisipasi pengamanan di objek vital yang ada di Solo," papar Andy, Selasa (15/10).

Yang jelas, lanjut dia, terkait rencana penyerangan bom bunuh diri oleh kelompok Abu Zee ini terungkap berdasarkan dari hasil pemeriksaan Densus 88 Antiteror Mabes Polri.

Selain meningkatkan patroli dan pengetatan penjagaan sejumlah objek vital di Kota Solo, seperti tempat ibadah, tempat keramaian, pusat perbelanjaan atau mal, terminal, dan stasiun, Andy juga memerintahkan jajarannya untuk mengawasi wilayah perbatasan, dan perlunya menggelar razia. Begitu halnya Mapolresta Surakarta juga penjagaan ketat petugas.

"Saat ini seluruh anggota dalam kewaspadaan tinggi," imbuh Andy yang berharap, rencana serangan bom bunuh diri, tidak terkait dengan rencana pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 20 Oktober nanti.


Baca juga: Tiga Terduga Teroris Diamankan di Sukoharjo


Meski begitu, antisipasi dan koordinasi dengan TNI terus dilakukan. Andy menegaskan, pengamanan di VVIP, terutama menyangkut rumah kediaman Jokowi, telah dikoordinasikan dengan TNI.

"Pengamanan di ring 1 dilakukan Pasukan Pengamanan Presiden, sedangkan ring 2 dan 3 rugas keamanan dilakukan oleh satuan wilayah, terdiri atas gabungan antara kepolisian dan TNI," kata dia.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan, penangkapan Syahrial Alamsyah (SA) alias Abu Rara, pria yang menusuk Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, menguak jaringan kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di berbagai wilayah serta rencana-rencana aksi teror mereka.

Jaringan JAD Bekasi pimpinan Abu Zee, yang menaungi Abu Rara, akan melancarkan serangan teror di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Solo. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT