15 October 2019, 19:37 WIB

Bamsoet Pastikan SBY Hadiri Pelantikan Jokowi-Amin


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
 ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (kanan)

KETUA MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan Presiden RI ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo dan Maruf Amin. Namun seluruh pimpinan MPR akan menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat itu untuk menyampaikan undangan secara langsung.

"Saat bertemu beliau (SBY) telah menyampaikan akan menghadirkan pelantikan (Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Amin) namun besok (Rabu 16/10) kami pimpinan MPR akan berkunjung ke kediaman beliau (di Cikeas, Bogor) untuk secara langsung menyampaikan undangan," terang pria yang akrab disapa Bamsoet itu saat menemui Wakil Presiden terpilih, Maruf Amin di kediaman Maruf Amin, Menteng, Jakarta, Selasa (15/10).

Menurut dia, SBY akan hadir seperti juga Presiden ke-lima yakni Megawati Soekarnoputri pada acara pengambilan sumpah jabatan Joko Widodo dan Maruf Amin yang akan digelar pada Minggu 20/10 di gedung Parlemen, Jakarta. Seluruh pimpinan MPR akan turut hadir untuk menyampaikan undangan tersebut seperti yang juga dilakukan terhadap Wakil Presiden terpilih, Maruf Amin.

Baca juga: Larang Demonstrasi, Polda Metro Jaya: Jaga Martabat Bangsa

Menyangkut kunjungan ke kediaman Maruf Amin untuk menyampaikan undangan pelantikan Bamsoet mengatakan, itu bagian dari protokoler MPR. Pasalnya perlu melaporkan mengenai kesiapan dan persiapkan pelantikan, termasuk mengenai susunan acara.

"Pembukaan paripurna saya yang memimpin sebagai Ketua MPR dan membuka rapatnya kemudian pembaca doa oleh Imam Masjid Istiqlal (Nasaruddin Umar) dan pengambilan sumpah oleh Ketua MA (Hatta Ali) dan pidato perdana Presiden 2019-2024 untuk kali pertama dan sebelumnya ada pembacaan hasil pemilihan presiden oleh KPU," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT