15 October 2019, 18:49 WIB

Taspen Raih Penghargaan Top 45 Inovasi Layanan Publik


mediaindonesia.com | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Wapres Jusuf Kalla menyerahkan penghargaan kepada Direktur Operasi Taspen, Ermanza, yang disaksikan Menteri PAN dan RB Syafruddin.

PT Taspen (Persero) meraih penghargaan Top 45 Inovasi Layanan Publik. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Direktur Operasi Taspen, Ermanza, dan Direktur SDM, TI, dan Kepatuhan Taspen, Mohamad Jufri, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (15/10).  

Penghargaan tersebut diberikan terkait dengan inovasi layanan yang dilakukan Taspen dalam program Wirausaha Pintar. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu berkomitmen dalam upaya meningkatkan kesejahteraan aparatus sipil negara (ASN) melalui pembekalan wirausaha untuk mempersiapkan ASN dalam menghadapi masa purnatugas. 

Tujuan dari program tersebut adalah memberikan pemahaman dan membuka midset serta minat ASN terhadap wirausaha melalui pembekalan tentang wirausaha. 

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 diikuti 3.156 peserta instansi yang terdiri dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

Pada beberapa tahun terakhir Taspen telah melahirkan banyak inovasi untuk kemudahan pelayanan para peserta, antara lain aplikasi Taspen Mobile, layanan klaim otomatis, one hour service, otentikasi digital melalui smartphone, serta yang terkini ialah Wirausaha Pintar. 

Pelayanan Taspen pun sudah terbukti dengan diraihnya sertifikasi ISO terbaru yaitu ISO 9001:2015 dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu untuk Proses Bisnis Inti Perusahaan, yaitu layanan klim tabungan hari tua (THT) dan pensiun dengan dukungan data yang akurat pada kantor cabang PT Taspen (Persero).

"Dengan penghargaan ini, tentunya akan meningkatkan motivasi dan semangat Insan Taspen dalam memberikan layanan kepada pesertanya di seluruh Indonesia," ujar Direktur Operasi Taspen, Ermanza, dalam keterangan persnya, Selasa (15/10).

Taspen merupakan BUMN yang mengelola Jaminan Sosial bagi para ASN dan pejabat negara di seluruh Indonesia dengan empat program unggulan yang terdiri dari program THT, pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.  

Dengan pengalaman lebih dari 56 tahun, Taspen ke depan akan terus melakukan inovasi layanan untuk kemudahan para pesertanya, dan tetap fokus dalam melayani ASN, pejabat negara, dan non-ASN pada instansi pemerintah. (OL-09)

BERITA TERKAIT