15 October 2019, 19:20 WIB

Kuning, Warna Kebahagiaan Bagi Mereka yang Jauh dari Katulistiwa


Sentot Bagus Pradana | Weekend

123rf
 123rf
warna kuning diidentikan dengan kebahagiaan.

SIAPA sangka warna kuning ternyata melambangkan rasa senang atau luapan emosi bahagia. Apalagi bagi mereka yang tinggal di Finlandia, di mana cuacanya dingin dan banyak hujan.

Namun berdasarkan penelitian terbaru, tidak semua orang menghubungkan warna cerah dengan kondisi perasaan yang baik. Para peneliti telah menghimpun data warna-emosi manusia dari survei internasional terhadap 6.625 orang di 55 negara.

Survei ini meminta para respondennya untuk mengasosiasikan 12 warna dengan perasaan yang mereka rasakan. Warna-warna apa saja yang mampu merepresentasikan perasaan seperti sukacita, kesombongan, ketakutan, dan rasa malu.

Ternyata warna kuning Kurang Begitu Menyenangkan di Bawah Sinar Matahari. Secara keseluruhan, orang lebih cenderung mengaitkan warna kuning dengan kegembiraan ketika mereka tinggal di negara-negara yang terletak lebih jauh dari garis katulistiwa, para peneliti melaporkan hasil temuan ini dalam Journal of Environmental Psychology sebagaimana dilansir sciencemag.org.

Beberapa indikator seperti lama periode suatu daerah mendapatkan sinar matahari, perbandingan waktu siang-malam, serta jumlah curah hujan menjadi pertimbangan utama para peneliti dalam menganalisis korelasi warna kuning dengan perasaan seseorang.

Semakin jauh seseorang hidup dari garis katulistiwa, semakin besar kemungkinan mereka untuk menghargai beberapa rona cerah: Di Mesir, kemungkinan warna kuning dikaitkan dengan perasaan sukacita hanya 5,7%, kontras dengan Finlandia yang beriklim dingin, yaitu sebanyak 87,7%.

Di Amerika Serikat, dengan iklim sedang dan pemandangan ladang gabah yang tiap tahun menguning, tingkat keterkaitan kuning-sukacita dari masyarakat di sana antara 60% dan 70%.

Lebih lanjut, para peneliti saat ini sedang memeriksa apakah asosiasi tersebut juga berhubungan dengan musim. Misalnya orang-orang di sutu negara lebih menyukai warna kuning di musim dingin daripada musim panas.

Para peneliti menemukan persepsi orang terhadap warna tetap konstan sepanjang tahun. Bahkan ketika cuaca berubah, data tentang asosiasi kuning-sukacita sama baiknya dengan rasa sukacita yang ditimbulkan ketika orang bersinggungan dengan material emas.

Baca juga : Wow Najwa Shihab Punya 10 Gen Moyang di Tubuhnya

 

BERITA TERKAIT