15 October 2019, 15:41 WIB

Pemikiran KH Ma'ruf Amin Beri Sumbangsih Pengembangan Koperasi


Muhamad Fauzi | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Wapres terpilih KH Ma'ruf Amin dan Ketua KSP Nasari,  Sahala Panggabean, MBA, (kanan).

WAKIL Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin telah memberi sumbangsih pemikiran ekonomi kerakyatan keuamatan. Ketua Harian Dewan Syariah Nasional MUI periode 2004–2010 itu telah memiliki keinginan untuk mewujudkan dan mengimplmentasikan ekonomi kerakyatan sesuai sila kelima Pancasila.   

Pemikiran Ma'ruf yang juga mantan dosen Fakultas Tarbiyah Universitas Nahdatul Ulama telah menjadi inspirasi dalam pengembangan ekonomi kerakyatan termasuk koperasi. Prinsip ekonomi yang ditawarkan Wapres terpilih telah dituangkan dalam buku The Ma'ruf Amin Way.

Buku The Ma'ruf Amin Way tersebut ditulis Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari, Sahala Panggabean, MBA, dan Anwar Abbas. Terkait bidang ekonomi kerakyatan, Nasari menilai pemikiran Ma'ruf telah menjadi sumber gagasan pengembangan perkoperasian di Indonesia.         
 
"Buku tersebut berisi  tentang pemikiran ekonomi kerakyatan keumatan yang sering diutarakan dalam ceramah Kyai Ma’ruf Amin," kata Sahala, Ketua KSP Nasari, di Jakarta, Selasa (15/10).

"Dia (Ma'ruf) sebagai tokoh ulama yang sarat dengan pengalaman baik sebagai pengajar, politikus maupun praktisi di bidang keuangan syariah. Ma’ruf Amin ingin mewujudkan dan mengimplementasikan ekonomi kerakyatan sesuai sila kelima 'Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia',” kata Sahala.

Dewan Koperasi Indonesia

Di sisi lain, mantan anggota DPR RI Ir S.Tampubolon menilai Sahala yang menjabat Ketua KSP Nasari dan karya bukunya memiliki pengalaman mumpuni dalam dunia perkoperasian di Indonesia. Bahkan Tampubolon menilai Sahala layak untuk menjadi ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

"Pemikiran Sahala merevitalisasi Dekopin, yang merupakan wadah tunggal gerakan koperasi Indonesia yang menjadi tandem pemerintah untuk lebih pemberdayakan koperasi dan berperan aktif  menyikapi perkembangan era digital dan revolusi industri 4.0 saat ini," ujar Tampubolon.

Ia juga menilai Sahala merupakan sosok yang cocok dan tepat sebagai ketua Dekopin, karena pengabdiannya di bidang koperasi dan prinsip prinsip koperasi yang selalu dipegang teguh. "Komitmennya terhadap koperasi sudab teruji oleh waktu," tandasnya. (OL-09)

BERITA TERKAIT