15 October 2019, 15:00 WIB

James Salahkan GM Rockets Terkait Kisruh NBA dengan Tiongkok


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/FREDERIC J BROWN
 AFP/FREDERIC J BROWN
LeBron James

BINTANG NBA LeBron James mengkritik keras eksekutif Houston Rockets yang membuat marah pemerintah Tiongkok dengan cicitannya yang mendukung demonstran Hong Kong. Menurut James, eksekutif Rockets itu tidak mendapatkan informasi yang memadai dan seharusnya tidak berkomentar soal Hong Kong.

Pernyataan bintang Los Angeles Lakers itu merupakan yang pertama diungkapkan bintang NBA dalam kontroversi yang membuat tanda tanya besar mengenai masa depan NBA di Tiongkok.

Banyak pihak di Amerika Serikat (AS), termasuk Komisioner NBA Adam Silver dan sejumlah politisi papan atas membela General Manager Rockets Daryl Morey dan menyebut dia memiliki kebebasan berpendapat. Namun, James mengatakan kebebasan berpendapat yang tidak hati-hati bisa membahayakan.

Baca juga: Curry Tengah Berada di Kondisi Puncak

"Saya rasa Morey tidak mendapatkan pendidikan yang memadai mengenai masalah yang terjadi namun dia memilih berkomentar," ujar James sebelum laga pramusim antara Lakers dan Golden State Warriors.

"Sangat banyak orang yang terpengaruh, bukan hanya secara finansial, namun juga fisik, emosi, dan spiritual. Jadi, Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda cicit dan Anda ucapkan," imbuh forward itu.

"Benar, kita memiliki kebebasan berpendapat. Namun, ada banyak hal negatif dari pernyataan yang tidak berhati-hati," tegasnya.

Hong Kong telah dilanda demonstrasi selama berbulan-bulan yang dipicu RUU yang mengizinkan ekstradisi kriminal dari Hong Kong ke Tiongkok. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT