15 October 2019, 10:19 WIB

Ruang Terbuka Hijau Publik Segera Dibangun di Pidie


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

MI/Amiruddin Abdullah Reubee
 MI/Amiruddin Abdullah Reubee
Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud

PEMKAB Pidie, Provinsi Aceh, akan membangun ruang terbuka hijau untuk publik. Ruang terbuka hijau ini seperti taman atau hutan kota yang bisa digunakan untik kawasan bermain dan lokasi wisata lokal, yang dikelola oleh pemkab.

Sebagai tahap awal telah disediakan sekitar 4 ha (hektare) lahan kosong persis di sebelah utara Kantor Bupati Pidie, Jalan Prof A Majid Ibrahim. Lokasi ini dianggap cukup strategis, karena bisa menengahi keramaian Kota Sigli Ibukota Kabupaten Pidie dan pusat pemerintahan. Ruang terbuka hijau ini juga dekat dengan terminal bus dan samping jalur nasional Banda Aceh-Medan.

Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud mengatakan ruang terbuka hijau publik ini sesuai dengan cetak biru tata ruang kota setempat.

"Manfaatnya sangat banyak. Bisa menjadi kawasan banyak pohon seperti hutan mini yang mampu menghadirkan burung-burung liar. Sebagai tempat menghilangkan penat, lokasi keseimbangan lingkungan alam dan lingkungan binaan" kata Fadhlullah TM Daud, Rabu (15/10).

Fadhlullah menambahkan sebagai pendamping Bupati Roni Ahmad, pihaknya bertekat membangun tiga hal utama untuk kesejahteraan masyarakat Pidie. Pertama adalah sektor perkebunan kehutanan. Kedua, sektor pertanian tanaman padi dan ketiga sektor kelautan. Tiga potensi ini cukup menjanjikan di wilayah memiliki 23 kecamatan, 730 Gampoeng (desa) yang diapit oleh Bukit Barisan dan Selat Malaka tersebut.

baca juga: KPK Tangkap Bupati Indramayu

"Di sini alamnya cukup indah, subur dan sangat menjanjikan hasil yang terkandung. Mulai dalam perut bumi hingga produksi buah-buahan serta biji-bijian di atasnya. Tinggal saja kesungguhan serta didukung oleh sumber daya manusia yang handal," pungkasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT