15 October 2019, 06:28 WIB

Prancis Ditahan Turki di Markas Sendiri


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP/MARTIN BUREAU
 AFP/MARTIN BUREAU
Laga kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Prancis dan Turki

NASIB kurang beruntung dialami skuad asuhan Didier Deschamps dalam lanjutan laga Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Prancis yang bermain di kandang sendiri harus puas ditahan imbang 1-1 oleh Turki.

Berlaga Stade de France, Selasa (15/10) dini hari WIB, pasukan Les Bleus sudah menekan Turki sejak wasit meniup pluit tanda dimulainya pertandingan.

Namun, tim asuhan Seno Gunes memilih strategi bertahan total sehingga Prancis kesulitan menembus lini pertahanan Turki di 15 menit awal.

Di menit ke-17, aksi Antoine Griezmann nyaris menyarangkan gol ke gawang Turki.

Baca juga: Ronaldo Cetak Gol Ke-700, Portugal Menyerah dari Ukraina

Memanfaatkan umpan backheel Kingsley Coman, Griezmann membawa bola hingga berhadapan dengan kiper Fehmi Mert Gunok yang sukses menghalau bola.

Namun, tekanan belum berhenti sampai di situ. Bola liar bisa dikuasai Moussa Sissoko yang melepaskan tendangan keras namun Gunok dengan sigap mampu menepis bola.

Sepanjang laga, Turki memang sulit mengembangkan permainan karena terus ditekan Sissoko dkk.

Gol akhirnya terlahir di babak kedua tepatnya di menit ke-75 oleh Olivier Giroud. Striker jangkung Chelsea itu mampu memperdaya Gunok melalui sundulannya berkat umpan sepak pokok Griezmann.

Namun, Turki langsung menyamakan kedudukan melalui Kaan Ayhan lewat sundulan di menit ke-81. Ia memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Hakan Calhanoglu.

Hasil imbang ini membuat kedua negara bersaing ketat mengamankan posisi teratas Grup H.

Turki menjadi pemimpin klasemen dengan raihan 19 poin. Calhanoglu dkk. unggul head to head dari Prancis karena di laga pertama mampu meraih poin penuh dengan kemenangan 3-0 atas Prancis.

Sementara itu, Timnas Serbia dan Kosovo menjaga peluang untuk tampil di Piala Eropa 2020 setelah kedua tim meraih kemenangan. Serbia menjaga peluang setelah mampu menang tipis, 1-2 atas Lituhania dalam lanjutan kualifikasi Grup B.

Sedangkan Kosovo mampu mempecundangi Kosovo dengan meraih kemenangan 2-0. Kemenangan ini mampu memertahankan Kosovo di peringkat ketiga Grup A dengan koleksi 11 poin. (Goal.com/OL-2)

BERITA TERKAIT