15 October 2019, 06:20 WIB

Palapa Ring untuk Kemajuan Bangsa


Nur Aivanni | Ekonomi

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). 

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan konektivitas digital harus dimanfaatkan untuk ­kesejahtera­an dan kemajuan bangsa, untuk ­penguatan persatuan dan persaudaraan, dan untuk memperbaiki pendidikan.

“Dan untuk memperkuat perdagangan kita, menghubungkan produk-produk UMKM ke jaringan pasar nasional, bahkan global,” kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Palapa Ring atau disebut juga tol langit merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang menghubungkan 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan kehadiran Palapa Ring juga diharapkan mampu menghadirkan rasa adil bagi seluruh warga negara Indonesia. “Setiap manusia Indonesia, dari Sabang sampai Me­rauke dari Miangas sampai Pulau Rote, memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses kemajuan teknologi ini dan terkonektivitas dengan sangat cepat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga memerintahkan seluruh aparatur pemerintah untuk memanfaatkan beroperasinya tol langit ini demi mempercepat terwujudnya birokrasi yang efisien, birokrasi yang melayani, yang meningkatkan akuntabilitas publik serta akurasi dalam kebijakan-kebijakannya.

“Bagi seluruh rakyat Indonesia, saya berpesan gunakan ­konektivitas digital ini dengan baik, gunakan internet secara bijak, gunakan konektivitas digital ini untuk ­kebaikan kita bersama, untuk kerukun­an, untuk persaudaraan, untuk persatuan kita sebagai sebuah bangsa, serta untuk kesejahteraan dan kemajuan Indonesia,” pungkas Presiden Jokowi.

Sumber: Kemenkominfo

 

Pembangunan Palapa Ring pernah mangkrak hampir satu dekade sejak diwacanakan pada 2007. Barulah pada 2015, pemerintah bertekad merealisasikan proyek itu dengan memulai tender proyek. Pada 2016 proyek tersebut mulai dijalankan dan pembangunannya rampung pada 2019.

“Palapa Ring itu adalah seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi. Jadi, mulai saat ini, Agustus kemarin, dari 514 kabupaten/kota, tidak ada yang tidak dihubungkan dengan ‘jalan tol’ tadi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Nur/X-10)

BERITA TERKAIT